Dalam Sehari Operasi Zebra, Ratusan Pengendara Ditilang

Sumbawa, PSnews – Terhitung sejak 22 Oktober hingga 4 November 2015, Sat Lantas Polres Sumbawa, menggelar operasi Zebra Gatarin tahun 2015. Operasi tersebut dipusatkan di sejumlah titik dalam kota. Operasi ini menindak para pengendara yang tidak melengkapi diri dengan surat kendaraan, helm maupun safety belt bagi pengendara roda empat dan pengguna knalpot racing bagi roda dua.

OPS ZEBRA GATARIN (5)Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Edy Sudarma Kurniawan, S.Kom, mengatakan, sejauh pelaksanaan operasi Zebra Gatarin di Sumbawa Besar masih saja ditemukan adanya pelanggaran dalam setiap operasi (sehari dua kali operasi, red). Dengan rata-rata setiap kegiatan operasi sekitar 70an pelanggar.

“Kalau sehari 2 kegiatan berarti ada 100 lebih pelanhgar. Tapi pelanggar mayoritas tidak punya SIM dan tidak menggunakan sabuk pengaman di mobil. Malah itu yang menonjol tahun ini,” aku Edy.

Merujuk kepada pelanggaran tersebut, ia menyimpulkan masih rendahnya tingkat kesadaran pengendara mobil. Padahal penggunaan sabuk pengaman atau safety belt sebenarnya untuk keamanan pribadi.

Bagaimana jika pengendara lupa atau tidak membawa surat kendaraan maupun SIM? Menurutnya, kalau memang lupa membawa STNK atua SIM maka petugs tetap menilang karena dinilai telah lalai.

Pasalnya, operasi zebra berbeda dengan kegiatan rutin yang masih ada batasan dalam penegakan hukumnya.

OPS ZEBRA GATARIN (6)“Operasi ini murni penegakan, kita bukan cari kesalahan. Tapi kalau tertib tidak bakalan kita tilang, kalau tidak tertib berarti tidak bawa kelengkapan. Mau punya SIM tapi lupa bawa tetap namanya lalai,” tandas AKP Edy Sudarma.

Menyangkut masih maraknya pengguna knalpot sepeda motor jenis racing, Kasat Lantas mengakui hal tersebut. Pihaknya juga memprioritaskan penindakan terhadap pengendara yang menggunakan knalpot tersebut. Apalagi menjelang Pilkada dan hari Natal pada Desember mendatang, karena kegiatannya bersangkut paut dengan seluruh kegiatan operasi Sat Lantas pada Desember nanti. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *