Operasi Ketupat Gatarin 2015 Dimulai

Sumbawa, PSnewsJajaran Polres Sumbawa, melaksanakan apel gelar pasukan operasi ketupat gatarin 2015 di halaman kantor Bupati Sumbawa, Kamis (09/07/2015). Apel gelar pasukan tersebut dipimpin oleh Bupati Sumbawa yang bertindak selaku komandan apel. Gelar pasukan tersebut menandai dimulainya operasi Ketupat Gatarin 2015 selama mudik lebaran.

Apel gelar pasukan diikuti juga melibatkan unsur TNI, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Pramuka dan unsur terkait lainnya.

Bupati Sumbawa, Jamaluddin Malik, yang bertindak sebagai komandan apel bersama jajaran Forum Komunikasi Kepala Daerah menginspeksi pasukan dan menyematkan pita tanda dimulainya operasi ketupat gatarin tahun 2015 di Kabupaten Sumbawa.

Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman, mengatakan, operasi ketupat gatarin tahun ini melibatkan 170 personel dari polres dan tetap melibatkan unsur terkait lainnya seperti TNI, Dinas Perhubungan, PMI dan stakeholder yang ada. Pihaknya juga menyiapkan 5 pos pengamanan dan pelayanan mudik lebaran di dalam kota.

“Ada 5 pos pengamanan dan pelayanan tersebar di dalam kota. Kalau berbicara di mana yang rawan semuanya memang rawan,” kata Kapolres.

Untuk itu imbaunya, supaya masyarakat pengendara lebih hati-hati dan memperhatikan keselamatan diri dan keluarga.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sumbawa, Burhan SH MH., menambahkan bahwa pihaknya siap membantu pihak kepolisian. Dalam hal ini akan menugaskan sebanyak 30 orang personel yang akan bertugas mendampingi polisi di 5 pos yang tersebar.

Burhan mengemukakan, sejak operasi mulai digelar harus bergerak untuk mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi.

Mengenai kondisi landasan terminal Sumer Payung yang masih dikerjakan, Menurut Burhan, bahwa tidak akan menganggu proses arus mudik di dalam terminal karena pihaknya juga meminta supaya kontraktor pelaksana segera menyelesaikan pekerjaannya.

Burhan mengatakan untuk mudik tahun ini dipengaruhi oleh banyaknya kendaraan pribadi daripada kendaraan umum. “Itu yang kadang membuat macet jalan. Bukan hanya di sini, kota besar juga demikian,” ujarnya. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *