Ketua DPRD Terima Massa Aksi Tolak Pasar Bayangan Empang

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq bersama jajaran sekretariat DPRD menerima rombongan massa aksi LSM Fraksi dan para pedagang pasar Baru Kecamatan Empang Senin (6/2).

Massa aksi dalam orasinya menyatakan keberatannya atas pemanfaatan Eks Puskesmas Empang menjadi Pasar Bayangan di Desa Empang Atas, karena sangat berpengaruh negatif terhadap aktivitas di Pasar Baru Empang yang telah dibangun Pemerintah Daerah.

Ditemui media ini salah seorang pedagang dalam massa aksi mengatakan bahwa ketika beroperasi pasar bayangan tersebut, sangat jauh turun drastis pendapatan dan kunjungan pembeli. “Bahkan untuk bayar ojek saja kami nggak sanggup,” ungkap wanita tersebut sambil berkaca-kaca.

Pedagang lain juga mengatakan bahwa pembukaan pasar di Desa Empang Atas berpotensi terjadinya konflik horisontal di tengah masyarakat. “Kami selaku ketua rombongan pedagang ini meminta jawaban dan solusi kepada Ketua DPRD atas permasalahan di Pasar Kecamatan Empang,” bebernya.

Atas permasalahan tersebut Ketua DPRD mengakui bahwa belum lama ini dirinya telah terjun ke lokasi dan dapat memahami suasana kebatinan para pedagang. “Kami meminta kepada pemerintah daerah dapat melihat dengan jernih dan terus memantau fakta lapangan bahwa permasalahan ini jangan dianggap remeh, sehingga kebijakan yang diambil menjadi baik bagi semuanya. Terhadap aktivitas pasar bayangan di tanah eks Puskesmas Empang hendaknya dihentikan dahulu, kembalikan ke Pasar Baru untuk menghindari konflik dan gesekan antar pedagang. Selanjutnya pemanfaatan tanah eks Puskesmas tersebut untuk solusi terbaiknya nanti dibicarakan kembali oleh Pemerintah Daerah bersama pemerintah setempat,” tegas Rafiq.

Adapun terhadap info bahwa Pemda Sumbawa memberikan waktu selama 3 x 24 jam untuk menutup aktivitas di pasar bayangan tersebut dirinya akan mengawalnya. “Kita di lembaga belum pernah mengeluarkan rekomendasi persetujuan penggunaan lahan eks Puskesmas tersebut menjadi Pasar. Dulu DPRD memang pernah memfasilitasi pertemuan terkait masalah tersebut. Kita mendengar juga aspirasi yang masuk, dan keputusan Lembaga belum ada persetujuan untuk penggunaan lahan eks Puskesmas Empang sebagai pasar. Mungkin ada keputusan perorangan, tapi bukan lembaga, dan hari ini juga kami mendengar aspirasi lainnya. Oleh karenanya kami menyarankan kepada Pemda yang telah menyampaikan akan menutup dalam 3 x 24 Jam. Kita kawal, bila dalam waktu tersebut belum juga ditertibkan maka kita akan memanggil Pemerintah Daerah,” tandasnya

Kemudian lanjut Rafiq mengajak masyarakat agar lebih menatap ke depan. “Apa yang terjadi pada masa lalu, kita lupakan. Yang penting sekarang kita optimis bahwa Pemerintah akan memberikan solusi atas permasalahan ini”l,” Imbuhnya disambut tepuk tangan dan aplause para peserta Aksi tanda puas dengan sikap lembaga.

Pantauan media ini, setelah diterima ketua DPRD Sumbawa massa aksi pulang dengan suasana damai dan tertib. (PSruf)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment