KKN di Lunyuk, Mahasiswa Unwar Bali Fokus pada Aspek Edukasi Bidang Kesehatan

Sumbawa, PSnews – Mahasiswa diharapkan berperan sebagai agen perubahan yang peka terhadap permasalahan lingkungannya dan memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang terjadi. Beranjak dari pemikiran tersebut, Universitas Warmadewa (Unwar) Denpasar Bali telah melangsungkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Desa Sukamaju, Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa NTB, selama 1 bulan sejak tanggal 22 April hingga 22 Mei 2021.

Pelaksanaan KKN-PPM ini melibatkan 29 mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu seperti pertanian, peternakan, ekonomi, hukum, sastra inggris dan ilmu pemerintahan yang dibimbing oleh Made Dharmesti Wijaya, S. Farm.,M.Sc., Apt. dosen fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan. “Pelaksanaan KKN Mahasiswa Universitas Warmadewa dilakukan secara daring dan luring dengan selalu menerapkan prokes dengan prinsip 3M bagi mahasiswa yang beraktivitas di lapangan,” ujar Made Dharmesti Wijaya, dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Kamis 17 Juni 2021.

Selama 1 bulan berkegiatan di Desa Sukamaju, lanjut Dharmesti, mahasiswa KKN-PPM Unwar memfokuskan pada aspek kesehatan, yaitu dengan memberikan edukasi kepada warga tentang cara mencegah penularan COVID-19 melalui interaksi dengan warga, pemberian masker dan penyebaran pamflet terkait prokes 3M. “Mahasiswa juga secara aktif memberikan edukasi tentang penggunaan media sosial dalam mengembangkan dan mempromosikan usaha di masa pandemi Covid-19,” tuturnya.

Dia menambahkan, peran mahasiswa juga tampak terlihat dengan membantu perangkat desa dengan mengambil bagian dalam membantu administrasi pemberian pupuk bagi warga. Kegiatan ini juga ditindaklanjuti dengan pembagian bibit tanaman cabe untuk warga desa. “Tentu ini bertujuan agar dapat memberikan semangat bercocok tanam dan sebagai peluang usaha sampingan bagi warga,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala desa Sukamaju, Wayan Teguh, S. H, menyambut baik aktivitas KKN-PPM ini. Ia juga mengapresiasi mahasiswa Unwar karena telah memilih Desa Sukamaju untuk dijadikan tempat pelaksanaan KKN. “Kami menyampaikan apresiasi kepada adik-adik mahasiswa yang telah menjalankan kegiatan KKN di Desa kami. Tentu sangat diharapkan juga agar kegiatan serupa akan dilaksanan kembali dimasa yang akan datang,” ucap Wayan Teguh. (PSp)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *