Ini Kepala Desa Rhee Terpilih 2021

Sumbawa, PSnews – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) di Desa Rhee Kecamatan Rhee, digelar Senin (15/3/2021). Pada Pilkades PAW yang berjalan lancar dan aman tersebut, Edy Firmansyah terpilih sebagai Kades untuk sisa masa jabatan hingga tahun 2024 mendatang.

Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa – Deden Fitriyadi kepada media ini mengungkapkan, digelarnya Pilkades PAW di Desa Rhee ini untuk mengisi kekosongan jabatan, setelah ditinggalkan Kades sebelumnya yang mengundurkan diri. ‘’Kades sebelumnya mengundurkan diri. Makanya digelar Pilkades Pergantian Antar Waktu di Desa Rhee,’’ ungkapnya.

Dijelaskan, rangkaian pelaksanaan Pilkades tersebut sudah berjalan sejak tahun 2020 lalu. Namun karena terkendala anggaran, sehingga pemilihan baru bisa terlaksana dalam tahun ini.

Lebih jauh disampaikan, dalam kegiatan Pilkades PAW Desa Rhee terdapat dua kandidat yang bertarung, yakni Abu Bakar dan Edy Firmansyah. Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 389 orang. Namun yang bisa memberikan suara sebanyak 375 pemilih. Sementara 14 orang sisanya tidak hadir di TPS.

Dari hasil penghitungan, diketahui Abu Bakar memperoleh 165 suara, dan Edy Firmansyah meraih 210 suara. ‘’Tahapan selanjutnya, hari Selasa pengesahan Kades terpilih hasil penghitungan. Kemudian setelah pengesahan disampaikan ke BPD oleh panitia Pilkades. Nanti BPD bersurat ke Bupati melalui Camat, untuk SKnya. Jadwal pelantikan, 30 hari setelah usulan SK,’’ ujarnya.

Dalam pelaksanaan Pilkades PAW di Desa Rhee, para panitia menggunakan pakaian adat dari beberapa daerah. Ini dilakukan untuk lebih meningkatkan semangat bagi para kandidat juga masyarakat dalam menentuka hak pilihnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *