Proses Pembangunan serta Pengadaan Barang dan Jasa di Desa Bakal Dipantau Secara Online

Sumbawa, PSnews – Pemda Sumbawa segera menerapkan program baru dalam mengawasi proses pembangunan serta pengadaan barang dan jasa (PBJ) diseluruh Desa yang ada. Mengintegrasikan antara aplikasi Sumbawa Integrated Resources Management System (SIRMS) dengan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Desa (Siskudes). “Program Siskudes sudah ada di desa. Sekarang ini program itu mau kita integrasikan dengan SIRMS. Program di SIRMS itu terutama titik beratnya di bagaimana proses barang dan jasa dilakukan. Ini secara online dilakukan. Kalau Siskudes itu sekarang masih offline,’’ terang Kabag Pembangunan Setda Sumbawa – Usman Yusuf kepada wartawan, Senin (1/3).

Dengan program ini nantinya seluruh proses pengadaan barang dan jasa yang ada di desa melalui APBDes itu bisa difasilitasi dan bisa dipantau pelaksanaannya oleh Bupati melalui Bagian Pembangunan. Mulai dari proses perencanaan sampai proses pertanggungjawabannya, seperti pembuatan kontrak, laporan progress harian, termasuk melihat nanti bagaimana Pemerintah Desa melaksanakan program pembangunan infrastruktur, pengadaan barang dan jasa lainnya.

Lebih jauh dijelaskan, dengan program ini juga diharapkan bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang tidak sesuai aturan. Melalui program ini pihaknya bisa memberikan arahan-arahan kepada Pemerintah Desa secara keseluruhan, baik itu Kades, PPK, maupun Bendahara, terkait bagaimana proses pengadaan yang baik. ‘’Ini bisa membantu aparat desa secara keseluruhan. Nanti juga ada pelibatan BPKP dan Inspektorat untuk penguatan,’’ tuturnya.

Mengingat program ini dilakukan secara online, maka bagi Desa yang kesulitan akses internet, diharapkan kepada Dinas Kominfotik agar bisa membantu fasilitas internet bagi daerah yang kesulitan akses. ‘’Modelnya seperti apa, nanti kita sesuaikan. Tapi intinya tahun ini kita minta akan ada percepatan implementasi, karena ini juga melibatkan seluruh stakeholder yang ada di daerah, terutama Diskominfotik, teman-teman di desa juga akan dibintek untuk penerapan aplikasi ini,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *