Cegah Perusakan Hutan, Timgab TNI-Polri Gelar Patroli

Sumbawa, PSnews – Dalam upaya mencegah rusaknya hutan di wilayah Kabupaten Sumbawa. Tim gabungan (Timgab) dari unsur Polisi, TNI, KPH, Pemerintah Desa dan lainnya melakukan patroli di kawasan hutan Desa Kerekeh Kecamatan Unter Iwes pada Selasa (24/11/2020).

Adanya kegiatan patroli gabungan ke kawasan hutan tersebut dibenarkan Kasubbag Humas Polres Sumbawa – Iptu Sumardi kepada wartawan media ini.

Dijelaskan, kegiatan patroli tersebut merupakan upaya pencegahan terjadinya tindak pencurian dan pembalakan liar. ‘’Bersama unsur terkait, patroli ini sebagai langkah antisipasi tindakan kejahatan terhadap hasil hutan,’’ terangnya.

Dalam kegiatan operasi tersebut, personel juga menghentikan kegiatan penebangan kayu dikarenakan adanya data yang tidak sesuai. Selain itu petugas di lapangan juga mengamankan beberapa kubik kayu yang ditemukan di lokasi yang merupakan hasil penebangan yang dilakukan oleh orang tidak dikenal.

Sesuai instruksi pimpinan, lanjut Sumardi, Polsek-polsek yang memiliki kawasan hutan lindung di wilayah hukumnya, harus lebih meningkatkan kegiatan preemtif dan preventif guna mencegah terjadinya perusakan hutan serta terjadinya karhutla. ‘’Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan terus menerus bersama instansi terkait guna memantau dan mencegah karhutla serta penebangan liar,’’ pungkasnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan patroli tersebut diikuti anggota Polres Sumbawa melalui Bhabinkamtibmas Desa Kerekeh Polsubsektor Kota Sumbawa – Bripka Najamudin, Danpos Unter Iwes – Serma Baharuddin, Babinsa Desa Kerekeh – Serda Jhony, Kasi Pem Desa Kerekeh – Hasbullah, serta 8 personel dari KPH Batulanteh. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *