Pemkab Bengkalis Belajar Tata Pelaksanaan Pemerintahan Kecamatan ke Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumbawa pada Kamis (24/10/2019). Kedatangan mereka untuk mempelajari serta memperoleh informasi tentang mekanisme dan tata cara pelaksanaan dalam penyelenggaran Pemerintahan Kecamatan di Kabupaten Sumbawa.

Kedatangan rombongan yang dipimpin Asisiten Pemerintahan Sekda Kabupaten Bengkalis – Umi Kalsum diterima Bupati Sumbawa melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Sumbawa – Muhammad Ikhsan bersama sejumlah pimpinan OPD, di Lantai III Aula kantor Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya, M Ikhsan mengatakan, atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa, pihaknya menyampaikan selamat datang kepada rombongan dari Pemkab Bengkalis di Tana’ Samawa yang bermottokan “Sabalong Samalewa”. ’’Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa mendapatkan kunjungan dari bapak/ibu sekalian. Kami pun merasa bersyukur dengan dipilihnya Kabupaten Sumbawa sebagai lokasi orientasi kerja yang berkaitan dengan optimalisasi pelayanan publik, Pemerintahan dan kemasyarakatan di lingkungan Pemerintah Kecamatan,’’ tuturnya.

Dalam kesempatan itu, para rombongan dijelaskan tentang kondisi umum Kabupaten Sumbawa, mulai dari jumlah penduduk, jumlah Kecamatan, Desa dan Kelurahan, serta lainnya. Termsuk hadirnya penduduk dari suku lain seperti dari etnis Bugis, Makassar, Bali, Sasak (Lombok), Jawa, Sunda, Madura, Mbojo (Bima/Dompu), Minang, Melayu, Batak, Sumba/Timor, Tionghoa dan Arab, sehingga bisa dikatakan Kabupaten Sumbawa bagaikan miniatur Indonesia. ‘’Dengan kondisi masyarakat Sumbawa yang cukup heterogen tersebut, tidak membuat daerah kami rentan akan perpecahan. Hal tersebut tidak lepas dari karakter dan kultur masyarakat Sumbawa yang begitu terbuka dan egaliter dengan semangat kearifan lokal yang kami miliki yaitu saling beri (saling menyayangi), saling pendi (saling mengasihi), saling sakiki (saling tolong-menolong) dan saling satingi (saling menghormati),’’ paparnya.

Diharapkan kepada perangkat daerah terkait agar dapat memberikan informasi dan data-data yang diperlukan, sehingga rombongan Pemkab Bengkalis dapat memperoleh bahan perbandingan atau bahkan masukan yang berharga. Selain itu, diharapkan pula melalui forum ini akan tercipta dialog atau interaksi informasi antara Pemkab Sumbawa dengan rombongan Pemkab Bengkalis, sehingga semua pihak dapat saling memberi dan menerima informasi yang berguna bagi pembangunan di daerah masing-masing.

Jajaran Pemkab Bengkalis

Sementara Asisiten Pemerintahan Sekda Bengkalis – Umi Kalsum mengungkapkan, maksud kedatangan rombongan ke Kabupaten Sumbawa untuk mempelajari serta memperoleh informasi tentang mekanisme dan tata cara pelaksanaan dalam penyelenggaran Pemerintahan Kecamatan di Kabupaten Sumbawa, dalam upaya meningkatkan pelaksanaan tugas kecamatan tentang inovasi yang diterapkan dalam mendukung pelaksanaan pelayanan ditingkat Kecamatan.

Sejumlah pejabat Pemkab Sumbawa

“Kami juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Sumbawa mau berbagi informasi terkait pengembangan berbagai optimalisasi dan inovasi dalam menyelenggarakan program pembangunan yang terkait dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment