Samuel Wattimena : Kain Sumbawa adalah Salah Satu Potensi Nusantara

Sumbawa, PSnews – Desainer ternama Samuel Wattimena mengaku kagum melihat kain songket produk Sumbawa. Namun dia ingin memberikan evaluasi dalam rangka membangkitkan dan memaknai potensi kain Sumbawa. Samuel menilai, dari beberapa tahun lalu, songket Sumbawa sampai saat ini masih terlihat sama, baik motif maupun kombinasi warna. “Inovasi dan komposisi warna kain Sumbawa perlu dipercepat perubahannya,” jelas Samuel saat memberikan motivasi pada acara Pemilihan Putri Intan Bulaeng 2019 di Lapangan Pahlawan, Sumbawa Besar, Kamis (19/9/2019).

Samuel saat memberikan motivasi pada acara Pemilihan Putri Intan Bulaeng 2019

Kain Sumbawa yang dikenal selama ini, lanjut Samuel, baik dari segi konsep, motif dan pengerjaannya masih dilakukan oleh pengrajin tua. Menurutnya, generasi muda harus diberi ruang agar merasa memiliki kain Sumbawa, sebagai ekspresi identitas dan dapat menghasilkan karya-karya baru dengan kain tenun Sumbawa.

Samuel yang diundang khusus ke Sumbawa untuk menghadiri rangkaian Festival Pesona Moyo tersebut mengatakan “Kita tidak boleh terlalu eforia dengan apa yang telah kita dapatkan, karena budaya harus terus berjalan, tidak boleh stagnan, karena begitu berhenti budaya tersebut akan mati”, ujarnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *