KJRI Johor Bahru Malaysia Siap Kunjungi Destinasi Wisata Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa yang diwakili Penjabat Sekda – M Ikhsan menerima kunjungan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru Malaysia, pada Minggu malam (28/7) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Acara tersebut bertajuk Business Matching and Table Top Familiarisation Trip itu difasilitasi oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sumbawa.

Ikhsan dalam sambutannya menyatakan, kehadiran KJRI Johor Bahru Malaysia beserta rombongan memiliki arti tersendiri bagi Pemkab Sumbawa yang saat ini sedang giat membenahi sektor kepariwisataan. Begitu banyak potensi di Kabupaten Sumbawa, mulai dari pulau-pulau kecil nan cantik, kehidupan bersahaja nan unik, sejarah dan budaya, hingga ke pesona bawah lautnya. “Inilah surga baru bagi masyarakat kami, yang juga menjadi daya tarik tersendiri bukan hanya bagi para wisatawan, tetapi juga bagi para investor,’’ urainya.

Ditempat yang sama, Konjen RI Johor Bahru – Zainul Idris Yunus berterimakasih kepada Pemkab Sumbawa terutama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata yang telah memfasilitasi rombongan KJRI Johor Bahru untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di Sumbawa. Ia mengatakan kedatangannya membawa serta para travel agent, divers dan jurnalis yang ingin melihat secara langsung tempat-tempat wisata di Sumbawa, termasuk Pulau Moyo yang sudah dikenal dunia. ‘’Saya sarankan agar semua spot wisata di Kabupaten Sumbawa dapat diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa dunia, sebagai upaya mempromosikan pariwisata Sumbawa ke dunia internasional. Saya berkeyakinan bahwa pariwisata Sumbawa ini akan maju,’’ ujarnya.

Sementara, Kepala Dispopar Sumbawa – Iskandar D dalam laporannya mengatakan, kunjungan Konjen RI – Johor Bahru Malaysia ini dimaknai sebagai sebuah langkah awal untuk menjajaki langkah-langkah selanjutnya dalam mengembangkan pariwisata di Kab. Sumbawa. “Ini adalah peluang besar, sehingga Saya berharap, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha di bidang pariwisata, terutama Pemerintah Daerah dalam hal ini Dispopar sebagai leading sector yang membidangi masalah ini,’’ tukasnya.

Disampaikan pula bahwa kendala saat ini angka kunjungan wisman yang tercatat secara resmi ke Sumbawa masih rendah, karena kebanyakan wisman yang berangkat dari Lombok langsung menuju spot wisata di Pulau Moyo, sehingga tidak banyak waktu bagi para wisman untuk bermalam di Sumbawa. “Padahal selain Pulau Moyo, masih banyak potensi wisata yang menarik untuk dinikmati di Sumbawa, seperti Teluk Saleh yang baru saja ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia, dan air terjun 3 tingkat dengan ketinggian ratusan meter yang ada di Desa Marente. Selain itu, kami juga punya banyak atraksi budaya yang tidak kalah menarik,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *