Bunda PAUD : Peran Orang Tua Penting Tumbuhkan Minat Baca Anak

Sumbawa, PSnews – Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa – Hj. Amien Rahmani Husni Djibril mensosialisasikan Gerakan nasional Orang Tua Membaca Buku untuk anak usia dini, yang dirangkaikan dengan sosialisasi PAUD HI, PAUD go green n clean, gerakan menanam kelor di pekarangan (GMKP), Gerakan masyarakat sehat (Germas) untuk anak usia dini, feeding center dan pendidikan karakter, pada Senin (29/7) di Halaman GOR Mampis Rungan Kelurahan Brang Biji Sumbawa Besar.

Dalam sambutannya, Bunda PAUD menyampaikan peran orang tua di dalam keluarga sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Membacakan buku merupakan sebuah kebutuhan dalam pengasuhan karena banyak orang yang sukses di awali dengan kecintaannya akan membaca. Sangatlah penting bagi orang tua untuk membiasakan membaca buku kepada anak, dengan cara membacakan buku bergambar, bercerita ataupun mendongeng untuk anak-anak. ‘’Karena dengan membaca, pintu pengetahuan akan terbuka. Kita tidak perlu menyelam ke dasar laut untuk mengetahui segala sesuatu yang ada di sana. Saya harap kepada orang tua untuk menjauhkan anak-anak dari kebiasaan dan ketergantungan bermain HP dan menonton televisi secara berlebih, dan harus semangat dalam mendidik anak-anak, diantaranya dengan cara membacakan buku kepada mereka, karena anak-anak ini cikal bakal generasi masa depan yang akan memajukan daerah dan bangsa kita, cukup 10 menit setiap hari,’’ tuturnya.

Dikatakan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang disosialisasikan ini merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

dalam kesempatan itu, Hj. Amien minta disetiap halaman sekolah ditanam sayuran hijau sebagai upaya mengembangkan konsep PAUD go green and clean, yaitu gerakan 1 anak 1 pohon sayur yang ditanam, dirawat, dimasak, dan dimakan bersama di sekolah, serta membiasakan anak memungut sampah yang ada di lingkungan sekolah dan membuangnya kedalam bak sampah. Selain itu, gerakan menanam kelor di pekarangan (GMKP) merupakan kegiatan orang tua menanam kelor di pekarangan rumah juga sangat perlu untuk diterapkan sebagai salah satu sumber pemenuhan gizi anak usia dini.

Sebelumnya, Ketua panitia – Marwati melaporkan kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan Himpaudi Kecamatan Sumbawa, Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa, Kompak, Dinas Dikbud, KUPT, TP. PKK Kecamatan Sumbawa, TP. PKK se-Kelurahan se-Kecamatan Sumbawa kerjasama dengan forum wanita Kelurahan Brang Biji. Yang diikuti oleh 22 lembaga PAUD, 19 TK, dan 5 RA se-Kecamatan Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *