Langgar Ketentuan, APK Caleg Ditertibkan

Sumbawa, PSnews – Menjelang Pemilu 17 April 2019, masih saja ada alat peraga kampanye (APK) yang ditempatkan oleh sejumlah Calon Anggota Legislatif (Caleg) maupun Partai Politik (Parpol) yang diletakkan di lokasi terlarang, seperti di jalan protokol. Untuk itu, pada Senin (11/2/2019), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa bersama Satpol PP kembali menertibkan APK yang dinilai melanggar.

Hamdan Syafi’i

Komisioner Bawaslu Sumbawa – Hamdan Syafi’i yang  ditemui wartawan usai kegiatan penertiban menjeslakan, sebelum dilakukan peneribah, pihaknya telebih dahulu telah bersurat ke masing-masing Parpol yang calegnya memasang APK di lokasi terlarang, meminta agar segera dibongkar. Ketika tidak dipenuhi, kemudian Bawaslu merekomendasikan kepada Satpol PP untuk melakukan penertiban. ‘’Sudah kita bersurat melalui Parpol. Karena yang diatur dalam undang-undang ini peserta pemilu dalam hal ini partai politik. Nanti partai politik yang berkoordinasi dengan caleg yang bersangkutan. Jadi tetap satu pintu pembinaannya,’’ tuturnya.

Sehingga pada Senin kemarin, anggota Satpol PP langsung turun ke jalan untuk melakukan penertiban APK terutama di jalan protokol, seperti di jalan Hasanuddin, jalan Garuda, termasuk jalan Cenderawasih. ‘’Kita sudah melalui mekanisme sesuai PKPU dan udnang-undang yang mengatur tentang lokasi pemasangan APK. Itu juga di SK KPU sudah jelas. Yang tadi itu diwilayah jalan protokol, berupa baner dan lainnya,’’ ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, anggota Satpol PP kesulitan melakukan penertiban terhadap APK yang berada di billboard berbayar. Lantaran posisinya cukup tinggi dan besar, sementara anggota tidak memiliki alat yang memadai untuk menurunkan.

Namun, lanjut Hamdan, pihaknya berjanji dalam waktu segera semua APK yang belum diturunkan tersebut akan segera ditertibkan. Agar tidak tekesan ada tebang pilih. ‘’Tapi tadi tidak semua bisa ditertibkan oleh teman-teman Pol PP. Karena dia punya waktu juga. Kita tidak bisa memaksa. Yang tinggi-tinggi akan kita lakukan segera, karena tadi masalah alat yang kurang. Biar tidak terkesan tebang pilih,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment