Indonesia Tumbuh Berbasis Desa, Fahri Hamzah :Desa Bisa Bikin Ledakan

Sumbawa, PSnews – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan bahwa meningkatnya partisipasi desa tidak bisa tidak harus disyukuri karena desa adalah pusat pertumbuhan baru yang menopang pertumbuhan negara. Dana sekitar 1,7 Milyar per desa juga harus dipikirkan untuk membangun ‘infrastruktur pengetahuan’ selain ‘infrastruktur jalan’. “Semangat membangun dari desa harus dirawat oleh pusat sehingga sekitar 75.000 desa itu membuat Indonesia menggeliat,” kata politisi PKS asal Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Sabtu 21/10. Fahri Hamzah mencontohkan kampungnya di Sumbawa yang terkenal dengan kekhasan madu, hasil ladang berupa jagung dan mangga, susu kerbau & kuda liar, kopi, tenun Sumbawa dan wisata alam liar.

Jika kreatifitas digarap baik dan terekpos secara maksimal, daya ungkitnya akan besar bagi masyarakat & pemerintah daerah. “Setiap desa punya potensi dan dengan inovasi serta teknologi jurang dengan kota bisa ditutupi,” kata Fahri saat mendiskusikan solusi ekonomi kreatif bersama Bupati Sumbawa, tokoh, praktisi dan ahli.

Fahri Hamzah pun mengusulkan agar penetrasi internet, IT literacy dan kompetensi inovasi bagi masyarakat desa harus maksimal. “Desa harus melihat peluang juga untuk berkembang. Jangan terus merasa menjadi ‘korban’ dan ‘pasar’ – sebaliknya desa bisa ‘go national’ bahkan ‘go global’. Desa harus menciptakan ledakan,” pungkas Fahri. (PSjib)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment