Pelaku Pariwisata Dapat Pelatihan Peningkatan Kapasitas Usaha

Sumbawa, PSnews – Puluhan pelaku pariwisata di Kabupaten Sumbawa baik itu pengelola homestay, dan pengelola destinasi wisata, mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas usaha masyarakat destinasi pariwisata tahun 2017. Selain dari Dinas Pariwisata NTB, hadir pula dari Kementerian Pariwisata RI, untuk memberikan pengarahan pada kegiatan dimaksud.

Kepala Dinas Pariwisata NTB – H Lalu Fausal dalam sambutannya pada kegiatan pembukaan menyatakan, arah pembangunan kepariwisataan daerah sesuai dengan Perda Provinsi NTB No. 7 Tahun 2013 mencakup prinsip pembangunan kepariwisataan yang berkelanjutan, berorientasi pada upaya-upaya pertumbuhan, peningkatan kesempatan kerja, pengurangan kemiskinan serta pelestarian lingkungan, dan juga harus dilaksanakan dengan tata kelola yang baik dan terpadu secara lintas sektor, lintas daerah dan lintas pelaku serta dilaksanakan dengan mendorong kemitraan sektor publik. ‘’Strategi pengembangan destinasi pariwisata NTB mencakup pembenahan infrastruktur  penunjang, peningkatan SDM, dan pembenahan aksesibilitas menuju destinasi pariwisata, serta pengembangan destinasi pariwisata yang berkelanjutan,’’ terangnya.

Peserta pelatihan

Dalam kesempatan itu, Ia mengajak seluruh peserta pelatihan agar kedepannya dapat berperan menjadi agent-agent pariwisata yang dapat memberikan informasi terhadap kekayaan destinasi pariwisata Kabupaten Sumbawa, seperti halnya yang dilakukan oleh generasi muda yang tergabung dalam Generasi Pesona Indonesia yang memberikan promosi terhadap kekayaan destinasi pariwisata Kabupaten Sumbawa melalui media sosial, serta mengajak untuk membenahi destinasi yang tentunya didukung oleh Kementerian Pariwisata.

Sebelumnya, Kasubbid Peningkatan Kapasitas Masyarakat Kementerian Pariwisata RI – Woro Mustiko dalam sambutannya mengatakan, pariwisata merupakan sektor unggulan dan menjadi prioritas pemerintah saat ini, selain infrastruktur. Hal tersebut dikarenakan dari sektor pariwisata, negara mendapatkan devisa pengganti selain dari minyak dan gas bumi, batu bara dan minyak bumi. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata melakukan terobosan-terobosan baru untuk mencapai target yang telah ditetapkan, salah satunya dengan mengadakan pelatihan-pelatihan dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di sektor pariwisata. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *