356 Pejabat Dimutasi, 56 Diantaranya dapat Promosi Jabatan

Sumbawa, PSnews – Bongkar pasang posisi Aparat Sipil Negara (ASN) kembali terjadi di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Sebanyak 356 pejabat struktural dari eselon III dan IV dimutasi pada Senin (2/10/2017) di aula lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Sesuai SK Bupati Nomor 1026 tahun 2017 sebanyak 220 orang, dan SK Nomor 1027 tahun 2017 sebanyak 136 orang. Dalam mutasi kali ini, sebanyak 56 orang diketahui mendapat promosi jabatan. Baik yang naik eselon dari IIIb ke IIIa, dari IVa ke IIIb, IVb ke IVa, termasuk yang sebelumnya tidak memiliki eselon, kini masuk dalam daftar eselon IVb.

Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril langsung memimpin dalam pengambilan sumpah janji jabatan para ASN yang dimutasi. Disaksikan Forkopimda dan seluruh kepala OPD lingkup Pemkab Sumbawa. Adapun pejabat yang mendapat promosi yakni Ir Ni Wayan Rusmawati yang sebelumnya Kabid Pengembangan Kawasan Lingkungan Pemukiman pada Dinas PRKP, kini sebagai Sekretaris pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Darwin SSos dipromosi menjadi Camat Orong Telu

Sahabuddin, S.Sos., M.Si sebelumnya Kabag Pemerintahan kini menjabat Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja menggantikan Tata Kostara, S.Sos yang digeser menjadi Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggantikan Ir. Ni Wayan Rusmayati S.Sos yang menempati posisi baru sebagai Sekretaris di dinas yang sama.
Abubakar, S.Sos., M.Si yang semula Sekretaris DPMD dimutasi menjadi Camat Lopok menggantikan Amiruddin SH yang digeser menjadi Camat Moyo Hilir.
Kemudian Drs Adam Muhammad semula Kabid Perdagangan Diskoperindag dipromosi sebagai Kabag Pemerintahan.
Drs Surianto digeser menjadi Camat Lenangguar dan jabatan Camat Orong Telu yang ditinggalkannya kini dijabat Darwin S.Sos yang sebelumnya sebagai Sekretaris Camat Moyo Hilir.
Rosmin Junaidi S.Pt M.Si yang semula Kabid Perbibitan dan Produksi Ternak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dipromosi sebagai Sekretaris di dinas yang sama.
Pejabat lainnya yang digeser adalah Nurhinsyah S.IP M.Si yang sebelumnya Sekretaris DPMD dengan eselon III.a dimutasi menjadi Sekretaris Dewan Korpri Sumbawa dengan eselon III.b.
Muhammad Taufiq Hidayat S.Sos MT dari Kabid Prasarana Dinas Perhubungan menempati jabatan baru sebagai Sekcam Lopok.
M Ihsan Imanuddin ST dari Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup kini menjabat Kabid Jasa Konstruksi Dinas PUPR bertukar posisi dengan Darmasah ST. M.Eng.
Selanjutnya Syarifah S.Sos M.Si dari Sekcam Batu Lanteh bergeser menjadi Sekcam Moyo Hilir.
Sahabuddin AM, S.AP yang sebelumnya Kabid Pembinaan SD Dinas Dikbud menjabat Kabid Pembinaan Perpustakaan Arpusda.
Sri Haryarti S.Si.T., MPH yang semula Kasi Advokasi dan Penggerakan Dinas PPKBPP dan PA digeser menjadi Kasi Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan.
Lang Rudi SH yang dulunya Kasi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri pada Diskoperindag, sekarang Kabid Perdagangan di Dinas tersebut. Kemudian Zainuddin SSos sebelumnya Pengadministrasian Umum di Dishub, kini Kasi Keselamatan di Dinas setempat.

Haji Husni – panggilan akrab Bupati Sumbawa dalam sambutannya mengatakan, hingga pelaksanaan mutasi ini, sudah banyak tahapan yang telah dijalankan. Ia bersama Wabup dan Sekda termasuk Baperjakat telah mengamati kinerja para ASN dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, terutama berkaitan dengan penyelenggaraan pelayanan publik serta pelaksanaan program dan kegiatan yang tertuang dalam APBD tahun 2017. Sehingga diketahui perkembangan dan progres pelaksanaan APBD 2017, yang menjadi acuan dalam mengimplementasikan pembangunan di daerah. Bahkan tingkat penyerapan anggaran dari masing-masing perangkat daerah juga tetap dipantau. “Kami terus memantau dan mengamati setiap program dan kegiatan yang para sahabat lakukan. Atas dasar hasil evaluasi itulah pada hari ini kami menggelar mutasi, baik reposisi maupun promosi, yang tidak lain tujuannya adalah dalam rangka meningkatkan profesionalitas dan kinerja birokrasi kita. Kita semua tentu memahami bahwa jabatan adalah amanah, jabatan adalah kepercayaan,’’ paparnya.

Bagi para Camat diminta untuk tetap mengedepankan prinsip-prinsip pelayanan prima. Harus siap memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berada di tempat tugas 24 jam, kecuali ada urusan dinas atau hal-hal penting yang mengharuskan meninggalkan wilayah tugasnya. Tidak ada alasan bagi seorang camat untuk meninggalkan tempat tugas. Sebab, demi pelayanan maksimal kepada masyarakat, para camat telah dilengkapi fasilitas yang cukup memadai, mobil dinas, rumah dinas, dan fasilitas pendukungnya. “Perlu untuk selalu kita camkan dalam diri kita masing-masing, bahwa tanggung jawab moral kita kepada masyarakat, mengandung tanggung jawab kepada Allah SWT. Karena sumpah jabatan yang saudara-saudara ucapkan pada hari ini, selain disaksikan oleh segenap yang hadir di tempat ini, juga didengar dan disaksikan oleh Allah SWT,’’ ujarnya.

Menurutnya, cita-cita mewujudkan masyarakat Sumbawa yang hebat dan bermartabat menjadi ruang bagi para ASN untuk berkreasi dan berprestasi, sekaligus mengabdikan diri bagi daerah dan bangsa. “Untuk itu, saya minta kepada sahabat sekalian selaku aparatur sipil negara agar terus berupaya meningkatkan profesionalitas dan disiplin kerja. Rajin membaca aturan-aturan yang terkait dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban, termasuk membaca setiap situasi dan kondisi yang terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *