Disnakertrans Banten Belajar Transmigrasi Lokal ke Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi (Disnakerterans) Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumbawa, Rabu (13/9). Kedatangan mereka yang langsung diterima Kepala Disnakertrans Sumbawa – Syafruddin Nur, untuk belajar Transmigrasi lokal di Kabupaten Sumbawa. “Kemarin yang datang rekan-rekan dari Disnakertrans Provinsi Banten. Mereka ingin mengembangkan dan menyiapkan kegiatan transmigrasi. Karena mereka juga menghadapi dua persoalan. Di bagian utara Provinsi setempat masyarakatnya sudah berkembang, sedangkan bagian selatan belum berkembang baik. Jadi dua daerah yang bertolak belakang, sehingga perlu ada kegiatan transmigrasi menurut mereka. Makanya mereka datang belajar transmigrasi lokal yang ada di Sumbawa ini,’’ katanya Kamis (14/9/2017).

Dijelaskannya, berdasarkan pengakuan dari rombongan Disnakertrans setempat, sebelumnya mereka sudah melakukan konsultasi di Kementrian ataupun pemerintah Pusat terkait transmigrasi. Dari konsultasi tersebut, ditemukan bahwa Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu kabupaten yang dianggap berhasil dalam kegiatan tersebut. ‘’Makanya mereka datang ke Sumbawa dengan membawa dua orang doktor untuk melakukan pengkajian. Banyak hal yang menjadi perhatian dan pertanyaan mereka. Diantaranya persyaratan lokasi, syarat tekhnis sesuai dengan aturan, dan persyaratan calon transmigrasi,’’ ungkapnya. Juga menambahkan, Selain beberapa informasi tersebut, rombongan juga mengecek lokasi di Labangka.

Kedatangan rombongan tersebut, imbunya, Kabupten Sumbawa menjadi terpacu untuk meningkatkan upaya pembinaan dan penataan transmigrasi untuk menjadi lebih baik. ‘’Bukan berarti kita merasa sebagai yang terbaik dalam melaksanakan program Imigrasi. Tapi juga menjadi motivasi kami,’’ tegasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *