Kedubes Polandia Tawarkan Sumbawa Kerjasama Berbagai Bidang

Sumbawa, PSnews – Kedutaan Besar (Kedubes) Polandia untuk Indonesia melakukan kunjungan ke Kabupaten Sumbawa pada Kamis (15/6/2017). Tujuannya untuk menawarkan kerjasama kepada Pemkab Sumbawa dalam beberapa bidang, seperti kesehatan, pariwisata, perdagangan dan lainnya.

Dalam pertemuan di aula lantai I Kantor Bupati Sumbawa, Konselor Pertama Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedubes Polandia di Jakarta – Romuald Morawski menjelaskan, bahwa Menteri Perdagangan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Perindustrian RI bersama Menteri Ekonomi Republik Polandia telah menandatangani MoU kerjasama industri Indonesia – Polandia bidang maritim, energi, makanan dan minuman serta alat kesehatan. Bahkan untuk di Kabupaten Sumbawa sendiri, perwakilan Kedubes Polandia pun sudah melakukan kunjungan pada 2015 lalu untuk melihat potensi yang dimiliki Sumbawa. “Sebagai bagian dari kunjungan awal itu, makanya kami ke sini untuk bertemu langsung dengan Wakil Bupati Sumbawa untuk membicarakan bagaimana caranya mengembangkan kerjasama perdagangan dan investasi antara Polandia dan Kabupaten Sumbawa,’’ papar Romuald Morawski di hadapan Wakil Bupati Sumbawa dan sejumlah pimpinan Perangkat Daerah Sumbawa.

Pada kesempatan itu pihaknya menawarkan kerjasama untuk beberapa bidang, seperti industri pengelolaan air. Dimana Polandia memiliki keunggulan pada teknologi pemrosesan air laut menjadi air tawar. Kemudian industri pengolahan sampah dan limbah, peralatan kesehatan khususnya instalasi gas maupun peralatan untuk keperluan pembedahan, konstruksi dan pengembangan pelabuhan, sektor perikanan, pemanfaatan energi surya, perlistrikan, pertambangan serta teknologi pertanian. Termasuk bidang pariwisata khususnya pembangunan perhotelan, penyediaan kapal pesiar, maupun pengoperasian pusat penyelaman. “Bagi kami potensi besar yang dimiliki Sumbawa adalah bidang pariwisata. Di sini kita punya matahari, pantai, laut, itu semua gratis dari Tuhan. Karena banyak negara tidak memiliki gunung, pantai maupun laut. Kami hanya butuh 15 persen untuk bangun hotel,’’ tandasnya.

Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah menyambut positif tawaran yang diberikan Kedubes Polandia. Bahkan dalam kesempatan itu, Haji Mo – panggilan akrab Wabup Sumbawa menyampaikan beberapa usulan dan harapan, terutama dalam hal pembangunan di daerah. “Mudah-mudahan kunjungan ini ada manfaat bagi dua Negara,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *