Dermaga Sebotok Dibangun Tahun ini, Dermaga Medang Ditunda

Sumbawa, PSnews – Keinginan Pemkab Sumbawa untuk membangun dua dermaga di wilayah pulau kecil yakni Pulau Moyo dan Medang ternyata tidak bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Pasalnya dari hasil perencanaan ternyata anggaran untuk membangun dua dermaga tersebut masih kurang. Sehingga tahun ini hanya satu saja dermaga yang akan dibangun yakni di Sebotok Pulau Moyo, sementara untuk di Pulau Medang direncanakan pada tahun berikutnya.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa – Mukmin kepada wartawan Rabu (7/6/2017). Anggaran yang digelontorkan untuk dua dermaga ini dari Kementerian PDT sekitar Rp 9,7 miliar, dimana Rp 5,5 miliar untuk Sebotok, dan Rp 4,2 miliar untuk Medang. Namun dalam perencanaan pembangunan ternyata anggaran untuk membangun dermaga Sebotok saja bisa mencapai Rp 18 miliar, dengan model dermaga besar seperti pelabuhan yang disandari kapal Ferry.

Terhadap hal itu, lanjut Mukmin, beberapa waktu lalu Bappeda Sumbawa telah menemui pihak Kementerian PDT untuk mengkomunikasikan masalah tersebut. Dan disampaikan kalau Sumbawa akan fokus untuk mengerjakan pembangunan dermaga Sebotok terlebih dahulu. ‘’Kemarin perencanaan yang dibuat bisa masuk truck. Nda perlu seperti dermaga Ferry, cukup kecil saja yang 7 GT untuk penumpang. Makanya anggaran yang Rp 9,7 miliar itu digunakan untuk dermaga Sebotok, tidak jadi yang besar dengan anggaran Rp 18 miliar,’’ terangnya.

Pihaknya saat ini sedang menyusun dokumen ulang untuk dermaga Sebotok, tinggal menunggu penyelesaian kontrak perencanaan kosultan. Sehingga dalam waktu segera dimasukkan ke Bagian LPBJB untuk segera ditender. Sebab pihaknya menargetkan pengerjaan fisik bisa dilakukan bulan Juli mendatang. ‘’Kita juga dibackup oleh TP4D. Sudah kita koordinasi, Insya Allah TP4D akan mendapingi kita, supaya dana ini jalan,’’ tukasnya.

Sementara untuk dermaga Pulau Medang dialihkan pada tahun 2018 mendatang. Yang penting DED untuk pembangunannya sudah ada. ‘’Untuk Medang sudah ada dermaga yang dulu, tinggal dibentuk supaya dia lebih paten lagi. Perencanannya tahun ini, fisiknya tahun depan dikerjakan,’’ pungkasnya, seraya menambahkan Dishub juga berencana membangun dermaga di Gili Tapan pada tahun 2018. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *