Bupati Instruksikan SKPD terkait Lakukan Penanggulangan Banjir

Sumbawa, PSnews – Tingginya curah hujan yang mengguyur seluruh wilayah di Kabupaten Sumbawa selama empat hari terakhir, mengakibatkan sejumlah desa dan perkampungan mengalami genangan air. Dari pantauan Pulau Sumbawa News pada Minggu sore (29/01) terlihat sepanjang ruas jalan antara Dusun Omo dan Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara tergenang air hujan. Begitu juga dengan ruas jalan Raberas – Sebewe, terdapat beberapa titik yang tergenang dan air hujan yang meluap bahkan menggenangi areal pertanian. Genangan air hujan juga melanda hampir seluruh pemukiman warga di dalam kota Sumbawa Besar.

Bupati tinjau tempat pengungsian

Bupati Sumbawa, M. Husni Djibril memantau langsung perkembangan sejumlah pemukiman warga yang terkena dampak genangan air dan banjir pada minggu malam (29/01).Bupati mendatangi titik – titik pengungsian warga seperti di wilayah Kecamatan Labuhan Badas dan Desa Nijang Kecamatan Unter Iwes. Melihat kondisi tersebut, Husni Djibril memberikan instruksi langsung kepada BPBD Sumbawa, Dinas Sosial Sumbawa, Dinas Kesehatan Sumbawa, serta beberapa dinas terkait lainnya untuk bekerja dengan cepat sesuai perannya masing – masing.
“Saya menyampaikan ikut prihatin dengan bencana banjir tahunan yang terjadi, sekaligus menghimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kewaspadaan,” kata Bupati.

Pagi harinya, Tim Tagana segera membangun Dapur Umum di Dinas Sosial Sumbawa dan menyalurkan sejumlah bantuan makanan siap saji terhadap warga yang terkena dampak banjir serta genangan air. Begitu juga dengan BPBD Sumbawa menyalurkan bantuan air bersih. Bahkan, sejak malam hingga hari Senin, sejumlah prajurit TNI turut membantu warga pada sejumlah titik – titik yang terkena dampak banjir.

Pada malam itu juga, Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad Suhanda SIK terjun langsung meninjau sejumlah lokasi banjir dan genangan air di wilayah Kecamatan Labuhan Badas. Padahal rumah dinas kediaman Kapolres Sumbawa sendiri tidak luput dari genangan air. “Kami sudah menerjunkan sejumlah personil untuk membantu warga pada malam hari hingga hari Senin, serta membantu warga dengan menyuplai kebutuhan air bersih menggunakan mobil water canon,” papar Kapolres. (PSj)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *