PDGI Adakan Gerakan Sikat Gigi Massal

Sumbawa, PSnews – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) bersama Pemerintah Kabupaten Sumbawa melaksanakan gerakan sikat gigi massal di halaman kantor Bupati Sumbawa Selasa (17/1/2017). Kegiatan ini terselenggara guna menyambut HUT PDGI ke ke 67 tahun 2017.

Tema dari kegiatan tahun ini “Gerakan Sikat Gigi Massal dan Topikal Aplikasi Flour Untuk Generasi Sumbawa yang Sehat dan Bermartabat”. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia oleh cabang-cabang PDGI. Khusus di Kabupaten Sumbawa, pelaksanaannya juga melibatkan para siswa kelas 3 sampai kelas 6 dari 19 SD di dalam Kota Sumbawa.

Ketua PDGI cabang Sumbawa dan KSB – Tri Waluyo dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan murid SD tentang kesehatan gigi dan mulut, meningkatkan pemahaman orang tua tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut anak dengan rutin berkunjung ke Dokter Gigi, mengurangi angka kesakitan gigi dan mulut, serta sebagai bukti adanya kontribusi Pemda dan organisasi profesi dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut anak SD.

Kegiatan ini juga dilaksanakan selaras dengan program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yaitu Indonesia bebas Caries gigi tahun 2030. Karena menurut hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 menunjukkan bahwa perilaku masyarakat Indonesia dalam menyikat gigi dengan benar setelah makan pagi dan sebelum tidur malam hanya 2,3 persen. Hasil riset ini menunjukkan bahwa masih perlu sosialisasi cara menyikat gigi yang baik dan benar kepada masyarakat, khususnya siswa sekolah. Selain itu, pemberian Topikal Aplikasi Flour dimaksudkan untuk menghambat terjadinya proses karies gigi/ gigi berlubang pada anak usia tumbuh dan kembang. ’’Kegiatan ini sebagai bentuk gerakan awal untuk kegiatan pemberian Flour yang berkelanjutan secara rutin setiap 6 bulan sekali,’’ terangnya.

Sementara Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah mengaku sangat menyambut baik terselenggaranya kegiatan tersebut. Dalam rangka kampanye dan pendidikan kesehatan gigi dan mulut, merupakan hal fundamental bagi kesehatan umum. Karena mulut yang sehat memungkinkan individu untuk berbicara, makan, bersosialisasi tanpa mengalami rasa sakit, tidak nyaman, maupun rasa malu. ‘’Melalui hari ulang tahun PDGI ke 67 ini kami harapkan bukan saja untuk meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen, serta gerakan nyata kesehatan terutama kesehatan gigi dan mulut, akan tetapi menjadi medium bagi tenaga kesehatan gigi di Kabupaten Sumbawa untuk melayani masyarakat, serta menjadi pemicu akan melakukan terobosan baru dalam meningkatkan kesehatan gigi masyarakat, terutama bagi anak-anak usia sekolah,’’ tutur Haji Mo – panggilan akrab Wabup.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Pimpinan DPRD Sumbawa, Forkopimda, Ketua GOW dan beberapa pejabat lingkup Pemkab Sumbawa, pengurus Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), serta para siswa SD di Kota Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.