Dispopar Identifikasi Destinasi Wisata di Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa – Junaidi memaparkan, Sumbawa memiliki potensi wisata yang cukup banyak. Agar penataan kedepan bisa lebih terarah, pihaknya segera melakukan identifikasi ulang terhadap seluruh destinasi wisata yang ada.

Kepada media ini Junaidi menjelaskan, identifikasi dilakukan untuk mengetahui lebih jelas jumlah, kondisi serta lainnya terkait destinasi yang ada. Proses identifikasi ini rencananya dilakukan hingga empat bulan kedepan. “Tahun ini kita akan identifikasi ulang terhadap seluruh potensi destinasi dan objek wisata. Setelah itu kita akan buat database kaitan destinasi itu,’’ terangnya.

Setelah diidentifikasi kemudian dilakukan kajian-kajian, mana destinasi yang akan dikembangkan dalam target lima tahun, 10 tahun, dan seterusnya. Sehingga dari hasil identifikasi itu nantinya ada gambaran bagi Pemda terkait penataan kedepannya seperti apa. Termasuk soal pengelolaannya. “Nanti akan kita pilah, mana yang dikelola oleh Pemda sendiri, dikelola oleh Pemda bersama pihak ketiga, maupun dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis),’’ tandasnya.

Terkait Pokdarwis, sejauh ini sudah terbentuk sebanyak 30 lembaga. Diharapkan kelompok ini bisa terbentuk di setiap destinasi yang ada. Itu akan dilakukan secara bertahap, sambil terus melakukan pembenahan terhadap Pokdarwis yang sudah terbentuk. Mereka akan terus diberikan pembinaan dan pelatihan supaya mendapatkan pemahaman yang sama terkait keberadaan maupun pengelolaan destinasi. “Mereka nanti kita bina, supaya bisa professional dalam bertugas. Bagi yang ditempatkan untuk menarik retribusi di lokasi wisata, mereka juga harus bisa menjelaskan ke pengunjung seperti apa destinasi setempat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *