Pejabat Pemda Sumbawa Teken Komitmen Inovasi Pelayanan Publik

Sumbawa, PSnews – Sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Sumbawa melakukan penandatanganan komitmen inovasi pelayanan publik. Hal itu dilakukan dalam rangkaian workshop inovasi pelayanan publik yang digerlar oleh Bagian Organisasi Setda Sumbawa bekerjasama dengan Kompak di Aula lantai III Kantor Bupati Sumbawa Senin (5/12/2016).

Workshop inovasi pelayanan publik
Workshop inovasi pelayanan publik

Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan – Didi Darsani mengatakan, workshop ini sangat bermanfaat bagi upaya percepatan perbaikan tata kelola pemerintahan, khususnya terkait pelayanan publik yang merupakan tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai abdi masyarakat. Perkembangan kehidupan masyarakat yang sangat dinamis seiring dengan tingkat kehidupan masyarakat yang semakin baik, berimplikasi pada semakin kritisnya masyarakat untuk mengajukan tuntutan, keinginan dan aspirasinya kepada pemerintah serta melakukan kontrol terhadap apa yang dilakukan oleh Pemerintah. Untuk itu Pemerintah harus mengambil berbagai inisiatif, salah satunya melalui inovasi pelayanan publik guna meningkatkan kualitas pelayanan.
“Oleh karena itu tidaklah berlebihan bahwa pelayanan publik sangat fundamental bagi eksistensi Pemerintah karena membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan pemenuhan harapan dan tuntutan masyarakat,’’ tuturnya.

Menurutnya, inovasi dalam pelayanan publik tidak mengharuskan suatu penemuan baru, tetapi dapat merupakan suatu pendekatan baru yang bersifat kontekstual dalam arti inovasi tidak terbatas dari tidak ada kemudian muncul gagasan dan praktik inovasi, tetapi dapat berupa inovasi hasil dari perluasan maupun peningkatan kualitas pada inovasi yang ada.
“Untuk penguatan inovasi ini, pada kesempatan ini juga dilakukan penandatangan komitmen inovasi oleh perangkat daerah, selanjutnya yang akan ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana aksi inovasi masing-masing perangkat daerah sebagai langkah sistematis dari inisiatif laboratorium inovasi yang akan dikembangkan bersama lembaga administrasi Negara RI,’’ terangnya.

Dalam kesempatan itu, Ia juga mengapresiasi beberapa inovator yang mengharumkan Pemkab Sumbawa karena berhasil dalam kompetisi entebenovik yaitu kompetisi inovasi pelayanan publik Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB yang diselenggarakan oleh Pemprov NTB beberapa waktu yang lalu, yaitu Iskandar (Kepala Bappeda) dengan inovasi “Pal-Batas (Portal Bank Data Berbasis Spasial). Wirawan (Kepala KPPT) dengan inovasi “Laris 60 menit (Pelayanan Perizinan Tuntas 60 menit). Sri Haryati (Kepala Seksi Kesehatan Anak, Dinas Kesehatan) dengan inovasi “Kampung Anak Sehat”. “Keberadaan inovasi ini diharapkan dapat menjadi referensi pembanding dan referensi pembelajaran dalam upaya melakukan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi antar instansi melalui diseminasi, transfer dan replikasi inovasi pelayanan publik tersebut,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *