Pelayanan Perizinan ‘5 Hari Jadi’ Bakal Diterapkan

Sumbawa, PSnews – Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Sumbawa bakal menerapkan Perizinan Verifikasi ‘5 Hari Jadi’. Program ini mulai dibicarakan dalam Rapat Koordinasi Penyederhanaan Alur Perizinan yang dihadiri Asisten Pemerintahan dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa, para kepala SKPD, dan Pejabat di Kejaksaan Negeri Sumbawa. Kegiatan berlangsung di aula lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (31/8/2016).

Kepala KPPT Sumbawa – Wirawan menjelaskan, proses pelayanan di KPPT terintegrasi mulai dari pengambilan informasi perizinan hingga penyelesaian perizinan. Tim teknis yang berada di beberapa instansi yang sebelumnya berkewenangan untuk mengeluarkan rekomendasi akan berada di bawah satu atap, sehingga memudahkan pemohon untuk mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat. Beberapa jenis perizinan yang direncanakan bisa dilayani oleh KPPT diantaranya Izin Usaha Daya Tarik Wisata, Izin Usaha Kawasan Pariwisata, Izin Usaha Jasa Transportasi Wisata, Izin Usaha Jasa Perjalanan Wisata, Izin Usaha Jasa Makanan Dan Minuman, Izin Usaha Penyediaan Akomodasi, Izin Usaha Penyelenggaraan Kegiatan Hiburan Dan Rekreasi, Izin Usaha Penyelenggaraan Pertemuan, Perjalanan Insentif, Konferensi Dan Pameran, Izin Usaha Jasa Informasi Pariwisata, Izin Usaha Jasa Konsultan Pariwisata, Izin Usaha Jasa Pramuwisata, Izin Usaha Wisata Tirta, dan lain sebagainya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah mengaku sangat mendukung program tersebut, karena penerapannya dianggap lebih efisien. Sebab sebelumnya pelayanan perizinan biasanya berlangsung sekitar 12 hari. Dengan adanya program itu, pelayanan menjadi tuntas 5 hari saja. “Jalur administrasi dalam kepengurusan izin ini agar bisa dipersingkat, tanpa mengesampingkan aturan yang telah ditetapkan,’’ tuturnya.

Wabup berharap, agar segala sesuatu yang berkaitan dengan program “5 hari jadi” ini dapat dipersiapkan sebaik mungkin agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Kepada Kejaksaan Negeri Sumbawa Besar juga diharapkan dapat mengawal program yang dijalankan Pemkab Sumbawa ini. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *