JM dan Husni Djibril Ikut Semarakkan SAMAWA MARAS BAGESA

Sumbawa, PSnews – Stand Up Comedy SAMAWA MARAS BAGESA yang digelar di Taman Mangga Sumbawa Besar terus menyedot perhatian masyarakat. Acara  yang digelar selama lima malam berturut-turut sejak 27 Agustus tersebut tidak saja mengundang daya tarik masyarakat umum, melainkan juga sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan tokoh masyarakat setempat.

JM dan Husni Djibril duduk bersila bersama penonton lain
JM dan Husni Djibril duduk bersila bersama penonton lain

Meski tidak seramai malam pertama, (baca juga : Stand up Comedy SAMAWA MARAS BAGESA Dipadati Pengunjung ), namun pada malam ketiga Senin (29/08) ini dihadiri oleh dua tokoh istimewa, yakni Bupati Sumbawa periode 2005-2015 – Jamaluddin Malik (JM) dan Bupati Sumbawa yang sekarang – Husni Djibril serta Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad Suhanda SIK.  Para tokoh tersebut ikut berbaur duduk di pelataran Taman Mangga bersama pengunjung lainnya. Mereka bahkan tidak beranjak pergi sejak dimulainya acara malam itu hingga peserta terakhir.

Jamaluddin Malik (JM)
Jamaluddin Malik (JM)

Panitia lomba juga memberikan kesempatan pada kedua pemimpin Sumbawa itu untuk bagesa (senda gurau ala Sumbawa) di atas panggung. Kesempatan itupun tidak disia-siakan oleh keduanya. Kesempatan pertama dipersilahkan kepada Jamaluddin Malik (JM). Meski waktu nya tidak lebih dari 5 menit, namun cukup menghibur para pengunjung seraya memberi apresiasi atas terselenggara acara tersebut.
Pada kesempatan itu JM berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini dapat diadakan sesering mungkin, pada setiap waktu yang tepat. Pasalnya, menurut JM bagesa (senda gurau) ini merupakan bagian dari tradisi Tau Samawa (warga Sumbawa) yang amat strategis untuk menumbuhkan semangat silaturrahim.

Husni Djibril
Husni Djibril

Hal senada juga disampaikan oleh Husni Djibril. Bahkan Husni Djbiril menginginkan, agar kegiatan Samawa Maras Bagesa ini dapat dimasukkan agenda rutin. “Khusus untuk memperingati 17 Agustus, kita jadikan Samawa Maras Bagesa ini menjadi agenda rutin setiap tahun,” tandas Husni.
Lebih lanjut Husni menuturkan, bahwa acara Samawa Maras Bagesa ini berawal dari keinginan para ‘sahabat’ muda yang datang menemuinya. Para sahabat muda ini, kata Husni, ingin berbuat sesuatu yang sifatnya bisa membangkitkan semangat para pemuda Sumbawa.
“Mereka sahabat-sahabat muda ini datang menemui saya ke pendopo. Para sahabat ini menanyakan pada saya, apa kira-kira yang harus dilakukan untuk membangkitkan semangat muda Sumbawa. Kemudian muncullah gagasan agar bisa mengadakan Stand Up Comedy ala Sumbawa atau Bagesa SamawaItu konsep pertamanya, tapi saya juga tidak tahu kemudian muncul istilah Samawa Maras Bagesa,” papar Husni Djibril.

Dewan juri
Dewan juri

Ketua Panitia Eddy Mochtar yang diwawancarai di lokasi memaparkan, scara stand up comedy ala Sumbawa ini diikuti 56 peserta dari setiap kalangan, baik pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum. Syarat peserta antara lain berusia minimal 15 tahun, materi stand up tidak boleh menyinggung masalah SARA, rasis atau berbau porno.

Penampilan salah seorang peserta
Satria, salah seorang peserta sedang beraksi

Adapun hadiah bagi pemenang Stand Up Comedy Samawa Maras Bagesa ini masing-masing :
– Juara I     :  Rp 2,5 juta + piala Bupati dan piagam serta DP Umroh sebesar Rp 2,5 juta,
– Juara II   :  Rp 2 juta + piala Wakil Bupati dan piagam serta DP Umroh Rp 2,5 juta,
– Juara III :  Rp 1,5 juta + piala dan piagam + HP Vivo serta DP Umroh Rp 2,5 juta,
– Juara IV :  Rp 500 ribu + piala dan piagam  + voucher dari sponsor
– Juara V   : Rp 500 ribu + piala dan piagam + voucher sponsor
– Juara VI : Rp 500 ribu + piala dan piagam + tiket travelling.  (PSa)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *