Bupati Tegaskan Tambang Ilegal di Alas Harus Ditertibkan

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril menegaskan, aktifitas tambang ilegal atau Penambangan Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Sumbawa, termasuk yang gencar terjadi di Kecamatan Alas harus ditertibkan. Apalagi saat ini sudah mulai membuahkan hasil, karena Tim gabugnan yang turun ke lokasi tambang liar di Alas sudah dibongkar.

“Masa’ negara mau kalah dengan para pelanggar ini,’’ tegas Haji Husni – panggilan akrab Bupati kepada wartawan Kamis (25/8/2016).

Menurutnya, adanya aksi penolakan dari para pelaku tambang liar saat tim melakukan penertiban merupakan hal yang wajar. Namun Ia meminta kepada para pelaku untuk sadar, bahwa aksi yang dilakukan tersebut adalah illegal dan tidak baik sebagai mata pencaharian. “Kalau mau, masyarakat harus mengurus perizinan tambang rakyat. Kalau aktifitas pertambangan illegal itu, kami tidak bisa tolerir,’’ tukasnya.

Apalagi imbas dari aksi illegal tersebut sangat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa. Hanya segelintir orang saja yang akan mendapat keuntungan dari kegiatan tersebut. “Para penambang pendatang itu bukan harus, tapi wajib untuk keluar,’’ tandasnya.

Sementara terkait penertiban gelondong, Bupati meminta agar dilakukan secara persuasif. Artinya, dilakukan dengan cara santun dan baik, tidak dengan menghancurkan, tapi dikembalikan kepada pemiliknya. “Namanya juga ilegal, masa’ harus ditoleransi. Tegas saja. Cuma tetap ada tindakan persuasif, bukan berarti kalah dengan pelanggar-pelanggar ini,’’ demikian Haji Husni. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *