Merasa Ditipu, Pemilik Truk Lapor Polisi

Sumbawa, PSnews – Lin Su Yeh atau Winilin alias Win (68), pengusaha yang berdomisili di Dusun Jeliti Desa Simu Kecamatan Maronge mengaku telah ditipu oleh SLT (38) warga Desa Nagakara Kecamatan Calabai Kabupaten Dompu dan DAH (28) asal Madiun Jatim. Kasus ini berawal ketika SLT datang ke rumah Win dengan niat untuk membeli truk pada bulan November 2015 sekitar pukul 11.00 wita. Saat itu pengusaha keturunan China tersebut ingin menjual truknya pada SLT dengan harga Rp 130 juta. Harga sebesar itupun disetujui oleh SLT. Lalu SLT meminjam truk tersebut untuk dibawa ke Sumbawa Besar guna keperluan lessing (pembelian dengan cara kredit). Namun SLT mengaku pada Win yang dihubungi via seluler bahwa pihak Lessing menolak truk tersebut karena produk 2003. Kemudian SLT nenginformasikan pada Win bahwa truk tersebut akan dibawa ke Lombok untuk dilessingkan.
Dalam waktu 3 hari setibanya di Lombok, SLT meminta kepada Win agar mengirim STNK ke Lombok. Namun anehnya beberapa hari kemudian truk itu posisinya berada di rumah Johari Apik di Desa Selante Kecamatan Plampang. Ketika Win hendak meminta truk itu, Johari Apik menolak memberikan. Pasalnya, Johari Apik mengaku sebelumnya telah melakukan traksaksi pembelian satu unit truk dari DAH dengan uang muka sebesar Rp 30 juta. Sebagai jaminan, truk milik DAH pun ditinggal di rumah Johari Apik. Beberapa hari kemudian DAH datang lagi ke rumah Johari Apik dengan membawa truk milik Win. Selanjutnya ditukarlah jaminan truk milik DAH dengan truk milik Win.

Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad Suhanda SIK yang dikonfirmasi melalui Kasubag Humas IPTU Waluyo membenarkan adanya laporan kasus dugaan penipuan dan penggelapan itu. “Informasi dari Polsek Plampang menyatakan, bahwa atas kejadian tersebut pelapor merasa dirugikan sekitar Rp 200 juta,” unkap Waluyo.

Adapun identitas truk sebagai berikut, Mistubishi FE349 nomor polisi EA 8523 AZ, nomor rangka MHMFE349E3R053488, nomor mesin 4D34 373492, berwarna kuning dan STNK atas nama Dwi Nuryanto (Polri, Desa Labuhan Sumbawa Kecamatan Labuhan Badas, (PSc)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *