Pasar Hewan Telah Dibangun, tapi Belum Beroperasi

Sumbawa, Psnews – Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah membangun pasar hewan yang berlokasi di Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas. Meski lahan dan sejumlah fasilitas pendukung sudah tersedia, namun pasar hewan tersebut belum aktif beroperasi. Pantauan pulausumbawanews pada Rabu pagi tadi, lokasi pasar masih tampak sepi dari aktifitas jual – beli hewan.

syafruddin nurKepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbawa Syafruddin Nur yang ditemui wartawan media ini membenarkan kalau Pemda telah membangun pasar hewan. Lokasi itu pun sudah bisa dimanfaatkan para pengusaha untuk bertransaksi. Beberapa fasilitas seperti tempat peristirahatan ternak, kandang naungan ternak dan pagar keliling pasar sudah terbangun. “Untuk lokasinya sudah siap. Fasilitas sementara kita coba dulu yang ada,’’ terangnya.

Meski sarana pendukung belum lengkap, para pengusaha ternak di Sumbawa sudah bisa memanfaatkan lokasi pasar. Sambil masyarakat belajar melakukan kegiatan jual – beli di pasar hewan, Pihaknya juga sedang mempelajari regulasi yang ada. ‘’Masyarakat kita belum terbiasa bertransaksi di pasar. Saya sudah minta ke para pengusaha untuk memanfaatkan itu dulu,’’ ujarnya.

Pihaknya mengaku akan terus berupaya menambah fasilitas pendukung di pasar hewan. Sambil melihat perkembangan dari aktifitas para pengusaha. Dengan adanya pasar hewan di Sumbawa, diyakini akan ada multyplier efect bagi masyarakat sekitar. Karena disana nanti tidak hanya orang menjual ternak, tapi akan ada pedagang lainnya yang bermunculan. ‘’Yang mengelola pasar itu nanti ada tim dan petugas khusus. Nanti juga ada Kepala Pasar yang ditunjuk,’’ pungkasnya. (gunk)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *