Proses DPS ke DPT Diperkirakan Berkurang 4.000 Pemilih

Sumbawa, PSnews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa akan mengumumkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada Sumbawa. Pengumuman DPT tersebut akan digelar di Hotel Sernu Raya, Kamis (01/10/2015) dalam rapat pleno penetapan dan pengumuman DPT.

Salah seorang Komisioner KPU Kabupaten Sumbawa – Sudirman, ditemui di kantornya, Rabu (30/09/2015) mengutarakan, per hari Rabu semua PPK telah melakukan penetapan DPT di wilayah kerjanya masing-masing. Seperti hasil monitoring KPU di dalam Kota Sumbawa Besar dinyatakan sudah selesai direkapitulasi.

Ia menyampaikan, pada daftar Pemilih sementara (DPS) yang lalu tercatat sebanyak 327.339 pemilih dan mengalami penurunan jumlah sekitar 4.000 an pemilih seiring dengan perbaikan Sistem Online Informasi Data Pemilih (Sidalih) yang mendeteksi pemilih ganda, meninggal dunia, pindah alamat, fiktif dan sebagainya.

“Kemarin sempat lelet sidalihnya, sekarang sudah ditambah servernya sehingga Alhamdulillah sidalihnya lancar dan mampu membaca semua data yang kami input di seluruh Desa,” ucapnya.

Menurutnya, jika pada Pilpres lalu, jumlah DPT mencapai sekitar 331 ribu pemiilh karena seluruh warga negara Indonesia diinput sebagai pemilih. Kini dengan Pilkada, hanya menginput warga Negara yang ber KTP Sumbawa. Jika ada orang luar Sumbawa yang menetap di Sumbawa dan tidak memiliki identitas Sumbawa maka tidak akan dimasukan sebagai pemilih. Kecuali memiliki surat keterangan domisili untuk bisa diakomodir.

Ia berharap, hasil perbaikan DPS tersebut menghasilkan DPT yang tingkat akurasinya mampu dipertanggungjawabkan, termutakhirkan atau up to date. Tidak ada lagi kegandaan dan orang yang sudah meninggal dikeluarkan di DPT.  “Sehingga hal inilah yang kita terus suarakan ke tingkat bawah,” katanya.  (PSb)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *