Pembangunan Pelabuhan Teluk Santong Sumbawa Dimulai Tahun ini

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong yang terletak di Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang resmi dimulai tahun ini. Hal tersebut  ditandai dengan dilaksanakannya ground breaking oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI, Bapak Arief Prasetyo Adi, S.T.,MT., didampingi Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa, Rabu, 11 Januari 2023.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bapanas mengatakan akan mengupayakan percepatan pembangunan pelabuhan Tanjung Santong. Bahkan Arief menargetkan pembangunan pelabuhan ini selesai dalam waktu 10 bulan.

Dari kiri : Arief Prasetyo Adi, Zulkieflimansyah, Mahmud Abdullah

Ia juga menyebut Pelabuhan Tanjung Santong akan dibangun dengan dermaga berkapasitas besar sehingga dapat menampung kapal dengan ukuran dan muatan yang juga lebih besar. Dengan begitu, ungkapnya, keberadaan pelabuhan ini nantinya dapat menambah mobilitas distribusi hasil pertanian dan peternakan masyarakat Sumbawa signifikan.

Senada dengan Kepala Bapanas, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyebut keberadaan Pelabuhan Tanjung Santong dengan Dermaga berkapasitas besar dan meningkatnya mobilitas distribusi hasil bumi  akan dapat mengatasi persoalan harga komoditas pertanian dan peternakan masyarakat NTB, khususnya di Pulau Sumbawa.

Sementara itu, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya mengatakan, Sumbawa memiliki potensi besar untuk dikembangkan, karena itu harus didukung dengan infrastruktur yang efisien dan memadai. Terlebih kondisi Pelabuhan Badas yang ada saat ini tidak memungkinkan lagi untuk diperluas, sehingga menurut Bupati, pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong ini menjadi solusi yang sangat tepat dan dinanti masyarakat Sumbawa. Karena itu, Bupati berharap proses pembangunan pelabuhan ini dapat segera dimulai, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. (PShum)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *