Ini Saran Bupati Sumbawa pada Pejabat yang Dilantik

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Bupati Sumbawa Drs. H Mahmud Abdullah  melantik dan mengambil sumpah/janji Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrasi, dan Kepala Sekolah di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa, pada Rabu (4/1/2023), bertempat di lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Acara  tersebut  juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa – Hj. Dewy Noviani,S.Pd,M.Pd, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa – Abdul Rafiq, Sekda, Drs. H Hasan Basri MM  Forkompinda, Para Asisten, Pejabat yang dilantik, dan OPD terkait bersama Ibu.

Bupati Sumbawa melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama berjumlah 2 (dua) orang, Pejabat Administrator 47 orang, Pejabat Pengawas 132 orang dan 48 Tenaga Fungsional Guru (Kepala Sekolah) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa menyampaikan, mutasi ini tidak lain tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja birokrasi, karena beberapa jabatan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan jabatan kepala sekolah saat ini dalam keadaan lowong, sehingga perlu segera dilakukan pengisian jabatan agar pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pendidikan tetap berjalan dengan baik. “Penting untuk saya tegaskan bahwa seluruh pejabat dan kepala sekolah yang dilantik pada hari ini, merupakan ASN terpilih. ASN yang saya nilai dari berbagai aspek terutama aspek kompetensi yang dibutuhkan untuk mengemban tugas dan tanggung jawab dalam jabatan yang diamanahkan,” tegas Mahmud Abdullah yang akrab disapa H.Mo.

Pejabat yang dilantik pada Rabu 4 Januari 2023

Kemudian lanjutnya, ASN yang dilantik pada hari ini adalah ASN yang dipandang cakap dan mampu mempercepat terwujudnya tujuan organisasi serta visi misi Kepala Daerah yakni  Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban tahun 2021- 2026. “ASN yang dilantik pada hari ini semata-mata dinilai dari faktor kompetensi dan profesionalitas, bukan karena faktor kedekatan atau hal-hal yang bersifat subjektif, saya tegaskan sama sekali tidak demikian adanya,” tandas.

Masih kata H. Mo, komitmen inilah yang menjadi salah satu indikator, sehingga pada tanggal 8 Desember 2022 lalu Kabupaten Sumbawa berhasil meraih penghargaan “ANUGERAH MERITOKRASI ” dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan predikat baik. “Untuk itu, kepada ASN yang dilantik pada hari ini saya mengucapkan selamat mengemban amanah kewajiban dan tanggung jawab baru. Saya yakin bahwa saudara sekalian memiliki kompetensi, memiliki kepedulian dan bersedia bekerja sama untuk menyukseskan berbagai agenda program dan kegiatan pemerintah ke depan,” imbaunya.

Mengawali tahun 2023, bupati berharap semuanya dapat membangun kekuatan dan semangat baru untuk menapak masa depan yang lebih baik. “Apalagi tahun ini kita memasuki tahun ketiga di masa pemerintahan kami MO- NOVI. Untuk itu saya mengajak semua pihak untuk bekerja sama-sama berkolaborasi dan bersinergi dalam meraih target-target yang hendak kita gapai pada tahun 2023 ini,” serunya.

Sesuai dengan kerangka Pembangunan Daerah yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah 2021- 2026, terdapat 10 program unggulan daerah yang terus disasar secara bertahap, sesuai dengan kemampuan dan kondisi anggaran yang ada. 

Pada akhir Tahun 2022 lalu, bersama-sama dengan DPRD kabupaten Sumbawa, telah menuntaskan pembahasan APBD tahun 2023 dengan tepat waktu sesuai jadwal yang ditetapkan dari pembahasan tersebut, telah disepakati di total APBD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2023 mencapai kurang lebih Rp 2,064 triliun.

Haji Mo juga meminta semua ASN untuk mulai menyiapkan segala sesuatunya lebih awal agar nantinya berbagai program kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lebih baik. Seluruh regulasi berkaitan dengan penunjukan pejabat pembuat komitmen, pejabat pengadaan, pejabat penatausahaan keuangan panitia pemesanan dan pengelolaan teknik proyek dan lainnya harus rampung dalam minggu ini. Bagi kegiatan fisik yang belum memiliki dokumen perencanaan teknis, harus mulai menyusun dokumen tersebut mulai dari sekarang, sehingga dokumen pengadaannya dapat segera diselesaikan untuk disampaikan kepada unit pelayanan pengadaan untuk dilakukan pelelangan. 

Koordinasi dan sinkronisasi program antar instansi harus menjadi perhatian. “Jangan ada perangkat daerah yang bekerja sendiri-sendiri, hilangkan ego sektoral sikap ingin menonjol sendiri dan sikap-sikap ego lainnya. Berkompetisi untuk mencapai prestasi itu perlu, tetapi tetap dalam konteks fastabiqul Khairat terpacu dalam kebaikan dengan tetap berpegang teguh pada ketentuan dan regulasi serta tata nilai atau norma yang berlaku,” tandas H.Mo.

Khusus kepada para Kepala Sekolah yang dilantik hari ini, dia berpesan agar senantiasa meningkatkan dan mengasah kompetisi termasuk penguasaan di bidang teknologi dan informasi. Menurut bupati, hal tersebut penting mengingat salah satu dimensi program belajar adalah digitalisasi sekolah. Jika kepala sekolah tidak paham teknologi digital, maka sulit bisa bersaing dalam mewujudkan sekolah dan meningkatkan kualitas peserta didiknya. “Jaga dan pelihara dengan sebaik-baiknya marwah dan nama baik kemuliaan profesi guru. Berikan keteladanan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat dan yang tidak kalah pentingnya, baca, pelajari, dan laksanakan semua peraturan undang-undang dengan baik khususnya terkait pendidikan karakter, sebagaimana telah saya tetapkan melalui peraturan Bupati Sumbawa Nomor 33 tahun 2021 agar benar-benar menjadi perhatian untuk dilaksanakan dengan konsisten dan dengan penuh tanggung jawab didiklah siswa kita agar menjadi insan yang beriman dan bertakwa, jujur, amanah, dan berakhlak mulia. Karena dengan modal itulah para siswa akan mampu berkompetensi dengan baik,” ujarnya.

Bupati mengingatkan agar seluruh ASN ikut berpartisipasi secara aktif dalam semua rangkaian kegiatan HUT ke-64 Kabupaten Sumbawa, terutama pada hari puncak tanggal 22 Januari 2023 mendatang. Bupati berharap para ASN jangan hanya yang terlibat dalam struktur kepanitiaan saja yang aktif, melainkan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sumbawa harus ikut memeriahkan, ikut bersukacita dan bersyukur di hari ulang tahun mendatang.

Pada kesempatan yang sama, bupati juga menyampaikan, agar semua pihak tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing serta meningkatkan kewaspadaan agar kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor, mengingat tingkat curah hujan di wilayah Sumbawa saat ini cukup tinggi. “Saya menghimbau kita semua untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Lakukan gotong royong secara rutin untuk membersihkan saluran-saluran drainase di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” saran bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga  berpesan kepada Kepala OPD untuk menyukseskan pelaksanaan Motor Cross Grand Prix (MXGP) di Samota pada tanggal 26 juni 2023 mendatang, serta menghimbau kepada kepala sekolah untuk melakukan penanaman pohon di sekolah masing-masing supaya tidak terjadi kegersanga. (PSa)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *