Sumbawa Usulkan Rp34 M untuk Kelanjutan KTM Labangka

Sumbawa, PSnews – Hingga saat ini belum ada perkembangan terkait kelanjutan dari pembangunan di Kota Terpadu Mandiri (KTM) Labangka. Meski di lokasi KTM sudah berdiri sejumlah bangunan dan jalan serta fasilitas pendukung lainnya, namun belum juga dapat dimanfaatkan.

Srafruddin Nur

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa – Syafruddin Nur yang ditemui media ini Rabu (25/1/2017) mengungkapkan, pihaknya mengusulkan anggaran ke Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI untuk rencana kelanjutan pembangunan di KTM Labangka dalam tahun ini. Pasalnya hingga kini lokasi tersebut masih minim fasilitas pendukung.

Lebih lanjut dijelaskan, anggaran yang diusulkan tersebut sebesar Rp 34 miliar yang rencananya digunakan untuk pembangunan infrastruktur jalan, sejumlah bangunan dan gedung serta lainnya. “Jadi mudah-mudahan dengan APBN ini bisa kita lanjutkan KTM itu,’’ harapnya.

Menurutnya, terbatasnya anggaran yang dimiliki daerah menjadi salah satu kendala pengembangan KTM Labangka. Disamping anggaran pusat, ada pula yang item pembiayaan yang dianggarkan melalui APBD Sumbawa, yang penggunaannya untuk perencanaan, penyusunan RAB, DED, masterplan serta lainnya. “Masih banyak yang kurang. Sesuai dengan harapan dari KTM itu sendiri keinginan itu banyak, salah satunya jalan pendukung, gedung dan bangunan pendukung juga masih dibutuhkan, serta fasilitas lainnya,’’ pungkasnya.

Untuk diketahui, pada April 2016 lalu Direktorat Pengembangan Sarana Prasarana Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi RI sudah berkunjung ke Kabupaten Sumbawa. Dalam rapat yang digelar bersama jajaran Pemkab Sumbawa, pihak Kementerian mendapat informasi dari para peserta yang hadir. Seperti Kepala Dinas, Camat Labangka, serta lainnya. Bahwa kondisi jalan menuju KTM yang sebagian besar  sudah rusak, termasuk penambahan lokasi jalan alternatif  di lokasi tersebut, minimnya sarana dan prasarana air bersih, perlu dibangunnya pengolahan Pakan Ternak, pasar ternak, pengembangan lokasi pariwisata dan lainnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *