Abdul Rafiq : Momentum Hari Pahlawan Hendaknya Dijadikan Motivasi agar Kita Meneladani Sikap Patriot Para Pahlawan

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa bersama Kepala Daerah, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa beserta Pejabat Daerah lainnya Memperingati Hari Pahlawan di Lapangan Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq menyampaikan pesan pesan berharga dari para pahlawan.
Abdul Rafiq menyampaikan bahwa memperingati Hari Pahlawan setiap tahunnya menjadi salah satu cara bagi generasi saat ini untuk mengingat kembali dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan dirinya untuk Tanah Air. “Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021. Sudah saatnya kita sebagai generasi muda meneruskan semua perjuangan para pahlawan kita terdahulu. Kami tak akan menyia-nyiakan semua yang telah kau berikan. Jangan pernah melupakan sejarah. Pahlawanku, jasa dan bakti kalian akan tetap disanjung dan abadi tertanam di dalam hati. Jasamu selalu kami kenang, perjuanganmu akan kami lanjutkan,” terang Abdul Rafiq.

Menurutnya, momentum ini tak hanya sebagai bentuk peringatan, tapi juga menjadi motivasi bagi bangsa Indonesia agar selalu menauladani sikap pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga terus lahir pahlawan-pahlawan muda berprestasi yang mengharumkan bangsa, memiliki semangat juang dalam membangun negeri, serta menjadi inspirasi bagi masyarakat di sekitarnya. Semoga semua yang telah dilakukan pahlawan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat untuk terus peduli terhadap sesama dan berjuang melawan permasalahan bangsa,” paparnya.

Adapun Pesan Para Pahlawan yang disampaikan pada upacara tersebut oleh Abdul Rafiq adalah,

  • Ir. Soekarno : “Berikan aku 1.000 orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya dan berikan aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai satu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka”. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”. “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”.
  • Moh. Hatta : “Pahlawan yang setia itu berkorban bukan buat di kenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita”. “Jatuh bangunnya negara ini sangat tergantung dari bangsa ini sendiri, makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia adalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di kota”. “Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa merusak dan mencuri kekayaan Ibu Pertiwi”.
  • Bung Tomo : “Jangan memperbanyak lawan, tetapi perbanyaklah kawan”. “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih merah dan putih maka selama itu tidak akan kita mau menyerah kepada siapapun juga”.
  • Dokter Cipto Mangunkusumo : “Hari kemudian daripada Tanah kita dan rakyat kita terletak dalam hari sekarang, hari sekarang itu ialah kamu, Hari generasi muda”.
  • Tjut Nyak Dien : “Kita tidak akan menang bila kita masih terus mengingat semua kekalahan”.
  • Gubernur Suryo : “Berulang-ulang telah kita katakan bahwa sikap kita ialah lebih baik hancur daripada dijajah kembali”.
  • Jendral Sudirman : “Tempat saya yang terbaik adalah di tengah-tengah anak buah, saya akan meneruskan perjuangan. met of zonder, pemerintah – TNI akan berjuang terus”.
  • Pattimura : “Pattimura Pattimura Tua boleh dihancurkan tetapi kelak Pattimura muda akan Bangkit”.

Pada kesempatan itu, Bupati Sumbawa Drs H Mahmud bertindak sebagai Inspektur Upacara. Upacara ini juga diikuti oleh Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviani SPd MPd, Wakil Ketua DPRD Drs. Mohamad Ansori, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs H Hasan Basri MM, Anggota forum koordinasi Pimpinan Daerah, Kapolres Sumbawa, Esty Setyo Nugroho SIK, Dandim 1607 Lekol Kav Rudi Kurniawan S.Sos.M.Tr (Han) , para Asisten dan staf ahli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan kepala bagian lingkup pemerintah Kabupaten sumbawa , ASN dan para peserta upacara.

Dalam sambutan tertulis Mentri Sosial Tri Rismaharini yang dibacakan oleh Bupati Sumbawa menyampaikan, melalui peringatan hari pahlawn tahun 2021 ini semua pihak diajak untuk secara bersama-sama, bahu-membahu untuk memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing. ‚ÄúDalam momentum Hari Pahlawan ini, saya mengajak seluruh warga bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik. Semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa senantias melindungi dn meridhoi kita semua dalam mewujudkan cita-cita para pahlawan,” ucap Bupati Sumbawa dalam di akhir sambutan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Dalam upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian bantuan kepada para Lansia, Kelompok Penyandang Disabilitas, Para Fakir miskin dan anak terlantar. (PSmakruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *