Kapal Penyeberangan Poto Tano-Kayangan, KMP Permata Lestari Kandas di Gili Kondo

Lombok Timur, pulausumbawanews.net – Akibat cuaca buruk, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Permata Lestari ll yang berangkat dari Pelabuhan Pototano Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menuju Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), kandas di Gili Kondo. Insiden itu terjadi pada 4 Oktober 2021 sekitar pukul 22.25 Wita bertempat di Koordinat (L 08°-26′-825″ S – B 116°-45′-172″ E) tepatnya di Pesisir Gili Kondo, Desa Sambelia, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lotim. “Telah terjadi kandas KMP Permata Lestari ll dari Pelabuhan Pototano Kabupaten Sumbawa Barat menuju Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lotim,” ungkap Nanang Sigit PH Kepala Kantor SAR Mataram, Selasa (5/10/2021).

Adapun Kronologis kejadian, pada pukul 21.20 Wita KMP Permata Lestari ll bertolak dari Pelabuhan Pototano menuju ke Pelabuhan Kayangan. “Pada pukul 22.25 Wita KMP Permata Lestari ll kandas di pesisir Gili Kondo, Kabupaten Lotim sekitar 5 mil dari Dermaga Pelabuhan Kayangan, Desa Labuhan Lombok, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lotim,” bebernya.

Pada hari Selasa tanggal 5 Oktober pukul 06.30 Wita, lanjut Nanang, dilaksanakan evakuasi penumpang dengan menggunakan Speed Boat Polairud Pelabuhan Kayangan dan Speed Boat Basarnas Lotim. Evakuasi penumpang dilakukan dari Kapal KMP Permata Lestari ll ke Kapal KMP Mutiara Alas l menuju Pelabuhan Kayangan. “Sejak kemarin malam kami sudah terjunkan personel untuk melaksanakan evakuasi bersama TNI, Polri, dan unsur lainnya,” kata Nanang Sigit PH Kepala Kantor SAR Mataram, Selasa (5/10/2021).

Adapun jumlah penumpang yang berada di Kapal KMP Permata Lestari ll adalah 47 orang, melipuyi 37 laki-laki dan 8 perempuan serta 3 anak-anak. Sedangkan jumlah kendaraan sebanyak 16 unit.

Beruntung kejadian tersebut tidak jatuh korban jiwa. Demikian pula kerugian materiil bagi penumpang.

Sementara kondisi kapal, baik kelistrikan maupun mesin berkalan normal dan bisa digerakkan.
Kapal Kandas haluan sebelah kanan dan baling baling bisa bergerak. Kondisi kapal kapal juga tidak ada kebocoran. Hingga pukul 08.00 Wita Kapal KMP. Permata Lestari ll masih berada di pesisir Gili Kondo.

Menurut rencana, kapal akan ditarik dengan menggunakan Kapal KMPbAlas l menuju Pelabuhan Kayangan bila cuaca sudah membaik. (PSp)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.