Dinas PMD Fasilitasi Rencana Terbentuknya PBI di Kabupaten Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sumbawa, saat ini sedang memfasilitasi rencana dibentuknya Persatuan BUMDes Indonesia (PBI). Keberadaan PBI ini nantinya diharapkan bisa membentuk jaringan yang lebih luas dengan para pihak lainnya.

Kepala DPMD Sumbawa – Varian Bintoro mengungkapkan, saat ini sudah terbentuk PBI ditingkat Pusat dan Provinsi. Sehingga pihaknya sedang mengupayakan terbentuknya PBI ditingkat Kabupaten Sumbawa. ‘’Ada surat dari PMD Provinsi untuk Dinas PMD Kabupaten Kota agar memfasilitasi terbentuknya PBI di tingkat Kabupaten. Jadi sekarang ini sedang kita fasilitasi untuk terbentuknya PBI,’’ terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, PBI terbentuk disemua tingkatan tujuannya untuk menjawab keinginan dari Pemerintah Pusat bahwa penguatan ekonomi ditingkat desa adalah BUMDes sebagai pelaku utamanya. Dimana BUMDes diharapkan menjadi motor penggerak dalam ketahanan ekonomi ditingkat Desa. ‘’Misalnya BUMDes itu dia bergerak dibidang sandang pangan, dia bisa menjadi pusat pengadaan kebutuhan masyarakat dalam satu wilayah Desa tersebut. Contoh masyarakat membutuhkan untuk membeli keperluan sehari-hari, dari pada dia jauh perjalanan ke kota memakan biaya, maka BUMDes menyiapkan itu dan lebih dekat tempat mereka membeli,’’ paparnya.

Pihaknya berharap PBI Kabupaten Sumbawa dapat terbentuk dalam tahun ini. Ketika sudah terbentuk secara terstruktur, maka anggota PBI Sumbawa bisa membangun komunikasi lebih luas dengan PBI Provinsi, PBI Pusat, dan pihak terkait lainnya. ‘’Kita bentuk sebagai wadah bagi semua BUMDes-BUMDes yang ada di Kabupaten Sumbawa. Nanti dia secara kelembagaan bisa berkomunikasi membentuk jaringan yang baik dalam hal peningkatan BUMDes yang ada,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *