Puskesmas Ropang Ditargetkan Tender Maret Mendatang

Sumbawa, PSnews – Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa berupaya mempercepat proses pembangunan lanjutan Puskesmas Ropang. Ditargetkan lanjutan pembangunannya dapat ditender pada Maret mendatang.

Sekretaris Dikes Sumbawa – Abdul Malik menyampaikan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi untuk Puskesmas Ropang. Bahkan tim perencana sudah turun ke lokasi untuk merencanakan ulang kondisi pembangunan dengan dana yang tersedia senilai Rp 2,1 miliar. Dana tersebut merupakan dana pembangunan puskesmas setempat yang tidak terserap tahun 2019 lalu. Sehingga diharapkan tahun 2021 ini, anggaran yang tersedia dapat dimanfaatkan untuk menuntaskan ruang-ruang pelayanan puskesmas. ‘’InsyaAllah kalau berjalan dengan baik, Bulan Maret saya akan tender kembali pembangunan lanjutannya,’’ terangnya.

Dijelaskan, sebelumnya pembangunan Puskesmas Ropang ini tidak dapat dituntaskan di tahun 2019 lalu. Pihaknya pun tidak menginginkan adanya kegagalan yang kedua dalam pembangunannya. Karena selain berdampak terhadap anggaran yang digunakan, juga pelayanan kesehatan di wilayah setempat. Sehingga diharapkan kepada masyarakat setempat agar mendukung Dinas Kesehatan dalam rangka pembangunan Puskesmas Ropang. ‘’Mohon kerjasama semua, masyarakat, lembaga pemantau serta pemerintah desa,’’ harapnya. 

Sementara ini, lanjutnya, pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dilakukan di rumah-rumah dinas. Selain itu, juga mengaktifkan secara utuh puskesmas pembantu (pustu) yang ada di masing-masing desa. Upaya ini supaya pelayanan kesehatan tetap berjalan, meskipun dengan kondisi seadanya. ‘’Memang sangat memprihatikan kalau untuk pelayanan Puskesmas, karena menggunakan rumah-rumah dinas. Tetapi kami memperkuat pelayanan di tingkat desa dengan memanfaatkan Pustu yang ada di tingkat desa. Dari hasil pemantauan kami ini berjalan cukup bagus. Namun memang kondisinya masih pada kondisi serba ada dengan fasilitas yang ada,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *