Warga Satu Dusun di Lunyuk Tidak Lagi Tanam Jagung

Sumbawa, PSnews – Warga Dusun Jelapang Desa Lunyuk Rea Kecamatan Lunyuk saat ini sudah tidak lagi menanam jagung. Terutama di lahan yang masuk dalam kawasan hutan. Pemerintah Kecamatan setempat pun terus mengupayakan agar masyarakat di desa lainnya juga meninggalkan kegiatan serupa.

Hal itu disampaikan Camat Lunyuk – Iwan Sofyan kepada wartawan di Kantor Bupati Sumbawa. Setelah meninggalkan kegiatan tanam jagung di lereng gunung dan kawasan hutan, masyarakat Dusun Jelapang saat ini mulai menanam pohon, seperti pohon kelor, sengon dan lainnya.

Diungkapkan, upaya menyadarkan masyarakat ini sudah dilakukan sejak 2019 lalu. Dan baru bisa bergerak melakukan penanaman pohon pada tahun 2020. ‘’Tidak bisa kita langsung larang masyarakat tanpa kita berikan solusi. Masyarakat sekarang sudah kita sampaikan untuk menanam kelor, sengon, dan lainnya. Satu Dusun itu sudah tidak lagi menanam jagung di tebing. Sehingga kompensasinya mereka menanam kelor, sengon. Apalagi kelor ini sekarang sedang kita garap serius bersama KPH dan Kades,’’ tuturnya.

Kegiatan masyarakat ini mendapat dukungan dari Anggota DPR RI dari Fraksi PAN – HM Syafruddin atau yang dikenal dengan nama Rudi Mbojo, yang melalui dana aspirasinya membantu masyarakat untuk pengadaan bibit porang. ‘’Porang itu menjadi salah satu syarat yang kita bangun di Lunyuk, dimana harus kita bangun hutannya dulu. Nanti di bawahnya baru tumpang sari dengan porang. Itu alasan kenapa porang. Ini kita dorong supaya mereka menanam pohon pelindungnya. Ini sudah kita mulai, terintegrasi dengan program peternakan secara intensif. Kemudian di sana juga untuk mendorong akan lahirnya industri pakan ternak melalui sengon,’’ tukasnya.

Menurutnya, antusias masyarakat untuk menanam pohon ini dinilai sangat membanggakan. Pihaknya kini sedang berupaya untuk melakukan hal serupa bagi masyarakat di desa lainnya yang ada di Kecamatan Lunyuk. ‘’Ini masuk akal bagi warga, dan sekarang kita sudah mencoba dan alhamdulillah satu dusun sudah mulai, yakni warga Dusun Jelapang Desa Lunyuk Rea, tidak lagi menanam jagung sama sekali. Alhamdulillah teman-teman di Dusun Jelapang setelah kita sosialisasikan akan bahayanya mereka menanam jagung di lereng gunung itu, mereka sekarang sudah tidak menanam lagi. Sehingga ini kita upayakan untuk desa-desa lainnya,’’ demikian Iwan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *