Vaksin Covid-19 Tiba di Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa akhirnya menerima sebanyak 6.400 dosis Vaksin Covid-19 Sinovac, pada Kamis (28/1) sekitar pukul 12.30 wita. Kedatangan kendaraan pembawa vaksin ini mendapatkan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian.

Vaksin diterima langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sumbawa – Zulqifli didampingi Kadis Dikes – Didi Darsani. Setelah diterima, vaksin kemudian disimpan di ruangan penyimpanan vaksin di gedung Instalasi Farmasi Dikes Sumbawa. ‘’Kita sudah menerima Vaksin dari Provinsi NTB. Alhamdulillah sudah kita simpan sebanyak 6.400 dosis. Penyimpanan di instalasi farmasi. Telah pastikan oleh kepala BPOM apakah memenuhi syarat atau tidak. Alhamdulillah kita sudah siap melakukan penyimpanan sesuai dengan ketentuan,’’ terang Didi dalam jumpa pers. 

Diungkapkan, vaksin tersebut bakal digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi tahap pertama. Dimana, Tenaga Kesehatan (Nakes) menjadi sasaran pertama. Vaksinasi terhadap nakes dilakukan di fasilitas kesehatan se Kabupaten Sumbawa. Sementara pendistribusian ke fasilitas kesehatan, dijadwalkan mulai hari Minggu 31 Januari mendatang. ‘’Distribusi ke puskesmas antara hari Minggu, Senin dan seterusnya,’’ terangnya.

Pencanangan vaksinasi dilakukan 2 Februari mendatang. Jumlah yang divaksin sebanyak 10 orang, melibatkan Forkopimda, Asisten Sekda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Pemuda, Perwakilan Perempuan. ‘’Karena pencanangannya nanti itu tanggal 2 Februari bisa diikuti oleh nakes di seluruh faskes masing-masing. Didistribusikan tahapan awal separuh dari jumlah yang kita terima. Sasaran nakes yang berhasil kita himpun 3.160 dosis dulu. Walaupun kita terima 6.400, karena akan diberikan kembali 14 hari kemudian. Kita punya cukup stok dan masih ada kelebihan 80 dosis,’’ ungkapnya.

Ia berharap, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama bisa tuntas bulan Februari. Kemudian tahap selanjutnya menyasar anggota TNI, Polri, dan ASN yang bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat. Tahap ini diperkirakan tuntas Maret mendatang. Terakhir vaksinasi menyasar masyarakat umum. ‘’Untuk nakes ditahap awal perkiraan Februari kita selesaikan. Kemudian menyasar TNI Polri serta ASN. Nanti TNI Polri, Maret selesai, baru kita garap sasaran yang lebih besar masyarakat umum,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment