Pemkab Sumbawa Terus Upayakan Pembangunan Infrastruktur

Sumbawa, PSnews – Cukup banyak infrastruktur di Kabupaten Sumbawa yang diupayakan pembangunannya, mulai dari dermaga, jaringan telekomunikasi, bendungan, serta lainnya. Hal itu tidak lain untuk menyamanan akses yang diperoleh masyarakat.

Demikian dibeberkan Kepala Bappeda Sumbawa – Junaidi yang ditemui wartawan media ini, Sabtu (7/12/2019). Terkait dengan akses masyarakat ke pulau, saat ini sudah dibangun beberapa dermaga menuju pulau. Dimana sebelumnya Dermaga Sebotok Pulau Moyo telah terbangun, sementara saat ini Dermaga Pulau Medang sedang berproses. Pemda tengah mengupayakan peningkatan sarana transportasi apung untuk kelancaran masyarakat dalam bertransportasi. “Dengan sekarang ada dua kapal apung yang bolak balik dan dermaga itu sudah berfungsi, maka bisa teratasi akses terisolirnya wilayah pulau-pulau ini,’’ terangnya.

Terhadap akses telekomunikasi, hampir seluruh wilayah di Kabupaten Sumbawa sudah terakses dengan internet, melalui pembangunan 18 titik blank spot, seperti di Tangkampulit, Baturotok dan lainnya. ‘’Kalau berfungsi tahun ini semua, mudah-mudhan bisa teratasi kaitan dengan keterbatasan telekomunikasi,’’ ujar Jun.

Diungkapkan, saat ini Pemkab Sumbawa sedang menyiapkan rencana pembangunan bendungan kerekeh di Kecamatan Unter Iwes. Diharapkan tahun 2020 seluruh administrasinya sudah tuntas. Bahkan Bupati Sumbawa telah bersurat ke Pemerintah Pusat, harapannya dapat membantu dari segi pengadaan lahannya. Ketika itu bisa tercapai, maka tahun 2021 dapat dilakukan pembangunan fisiknya. “Disana (Kerekeh) juga ada juga infrastruktur lain yang bisa kita manfaatkan, kaitan dengan air baku, juga bisa mengatasi banjir, listrik dan pariwisata,’’ jelasnya.

Disampaikan, Pemda juga sekarang mendorong pembangunan Pelabuhan Teluk Santong di Kecamatan Plampang. Ini dalam rangka Sumbawa bisa menjadi titik tol laut. Untuk DEDnya sudah selesai, tinggal AMDAL yang sedang diupayakan. “Di tahun 2020 cukup besar kita alokasikan dana untuk menyelesaikan seluruh prasyarat yang menjadi kewajiban Pemda. Sehingga tidak ada alasan lagi nanti Pusat tidak menggelontorkan anggaran ke kita,’’ tukasnya.

Kaitan dengan olahraga, lanjut Haji Jun, dalam rangka peningkatan SDM, ditahun 2020 Sumbawa mendapat dukungan anggarn yang besar untuk membangun GOR bertaraf internasional. Di tahun ini sebanyak 6 puskesmas telah dibangun.

Kaitan dengan puskesmas, ada 6 puskesmas yang baru dibangun. itu di daerah sulit semua. Kalau itu bisa tuntas, maka keinginan untuk mendapatkan puskesmas yang layak di seluruh kecamatan akan tercapai. Dari seluruh puskesmas, hanya satu yang belum terakreditasi. karena baru dibangun yakni Puskesmas Sebotok di Pulau Moyo.

Selain itu, yang sedang didorong sekarang yakni pembangunan Pasar Seketeng agar segera tuntas, agar bisa melayani kebutuhan masyarakat akan kebutuhan sehari-hari. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *