BPBD Sumbawa Segera Miliki Ruangan Pusdalops

Sumbawa, PSnews – Dalam waktu dekat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa bakal memiliki ruangan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) penanggulangan bencana. Ruangan tersebut ditargetkan segera tuntas secepat mungkin. “Kita sedang menyiapkan ruangan untuk Pusdalops penanggulangan bencana. Alatnya akan didrop dari pusat. Kalau pemerintah daerah sudah siap ruangannya, maka akan diberikan alat oleh pemerintah pusat,’’ kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik – M Nurhidayat.

M Nur Hidayat

Menurutnya, Pusdalops berfungsi untuk memberikan data terkait bencana yang terjadi. Setelah data dimasukkan ke Pusdalops dimaksud, maka data tersebut terintegrasi dan diketahui langsung hingga pusat. “Begitu terjadi bencana, saat kami membuat laporan di Pusdalops langsung diketahui oleh pusat. Jadi Pemerintah Provinsi dan Pusat langsung tahu. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan Sumbawa bisa diketahui,’’ terangnya.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya sedang melakukan proses rehab terhadap ruangan. Diharapkan sebelum masuk musim penghujan ruangannya dapat terselesaikan dan langsung digunakan. “Sekarang kita sedang merehab ruangannya. Harapan kami ingin tahun ini bisa dimanfaatkan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.