Wujudkan Pemilu Demokratis, Kesbangpoldagri Sumbawa Gelar Rakor

Sumbawa, PSnews – Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Kesbangpoldagri) Kabupaten Sumbawa menggelar Rakor dukungan penyelenggaraan Pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019, yang diselenggarakan Badan Kesbangpoldagri Sumbawa pada Kamis (4/4/2019) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam laporannya, Plt Kepala Badan Kesbangpoldagri Sumbawa – Abu Bakar menyatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk menyamakan persepsi dan pemahaman, integrasi dan sinkronisasi kesiapan dalam menghadapi pemilu 2019, dalam rangka mewujudkan pemilu 2019 yang demokratis, berkualitas, dan bermartabat yang menjamin hak konstitusional warga negara dengan menjaga otentisitas suara rakyat dalam penyelenggaraan pemilu sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu yang merupakan regulasi terpenting dan mendasar dari tata kelola pemilu.

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan agar informasi kepemiluan lebih berdampak meluas kepada lapisan masyarakat ditiap tingkatan, guna mempromosikan konsolidasi demokrasi yang lebih berkualitas.

Sementara Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril menekankan kepada semua pihak yang terlibat dalam Pemilu 2019, untuk benar-benar berkomitmen menjaga integritas Pemilu agar terbebas dari segala bentuk politik transaksional serta politisasi sara dalam kegiatan kampanye. “Saya tidak ingin komitmen ini hanya nampak dalam forum-forum, dalam rapat-rapat dan sejenisnya, tetapi dalam praktiknya, politik uang dan politisasi sara ini justru menjadi komoditas yang sangat menarik dan kerap mewarnai materi kampanye para kontestan pemilu,’’ tutur Bupati.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan Ketua Bawaslu Sumbawa tentang dimensi kerawanan Pemilu 2019, dan pemaparan Ketua KPU Sumbawa tentang tolok ukur penyelenggaraan Pemilu demokratis, berkualitas, dan bermartabat, dan sesi dialog. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *