Prajurit Kodam II Sriwijaya Bantu Rehab/Rekon Rumah Rusak di Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 100 Prajurit TNI SATGAS Rehab/Rekon rumah rusak berat YONZIPUR – 2/SG Kodam II/ Sriwijaya bakal membantu melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah rusak akibat gempa bumi yang ada di Kabupaten Sumbawa. Kedatangan mereka diterima Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril pada Selasa (19/2/2019) di Halaman Kantor Camat Alas Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa mengungkapkan, pada 19 Agustus 2018 Kabupaten Sumbawa dilanda gempa bumi yang cukup dahsyat, bermagnitudo 7,0 skala richter. Mengakibatkan 4 kecamatan mengalami kerusakan cukup parah, termasuk salah satunya Kecamatan Alas Barat. Tercatat sebanyak 6 orang meninggal dunia, 684 orang luka-luka, dan 49.188 orang harus tinggal di tenda-tenda pengungsian.

Selain itu, berdasarkan data tim verifikasi yang menghasilkan 11 keputusan Bupati Sumbawa tentang penetapan hasil verifikasi kerusakan perumahan warga terdampak gempa, tercatat sebanyak 14.772 total unit rumah yang megalami kerusakan akibat bencana gempa di Kabupaten Sumbawa, dengan rincian adalah rusak berat sebanyak 2.272 unit, rusak sedang sebanyak 2.718 unit, rusak ringan sebanyak 9.782 unit. ‘’Mudah-mudahan selama keberadaan di daerah kami, sahabat sekalian mendapatkan hal-hal baik serta mendatangkan keberkahan bagi daerah kami pada kesempatan ini,’’ tutur Bupati.

Menurutnya, sampai saat ini kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap rumah-rumah warga dan sarana prasarana publik yang terdampak gempa masih berlangsung. ‘’Satu hal yang menjadi kesyukuran kami, bahwa masyarakat Kabupaten Sumbawa tidak larut dalam kesedihan berkepanjangan. Alhamdulillah atas bantuan dan support dari berbagai pihak, masyarakat kami saat ini sudah mulai bangkit dan berkomitmen untuk bersama-sama merajut hari esok yang lebih baik.
kami juga merasa sangat bersyukur bahwa Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan seluruh komponen masyarakat bersinergi dan terlibat aktif dalam penanganan pasca gempa khususnya dalam masa rehabilitasi dan rekonstruksi ini. Mudah-mudahan kekompakan ini dapat terus terjalin dan kita semua tetap bersemangat dalam membantu dan menangani warga terdampak bencana gempa bumi, khususnya di Kabupaten Sumbawa ini,’’ ujarnya. 

Turut hadir pada acara tersebut Kasdim 1607 Sumbawa, Kepala OPD, Camat Alas Barat dan Camat Alas, Danki Brimob Sumbawa, Danramil, Kapolsek, para Kepala Desa,dan peserta upacara. Yang diawali dengan Upacara penerimaan. Bupati Sumbawa bertindak sebagai Inspektur Upacara. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *