Bupati : 9.031 Rumah Rusak Diterjang Gempa di Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril mengungkapkan, sejauh ini terdata sekitar 9.031 rumah rusak akibat gempa di Kabupaten Sumbawa. Data tersebut dilaporkan langsung ke Menteri Sosial RI – Agus Gumiwang Kartasasmita saat berkunjung ke Sumbawa Minggu (26/8/2018).

Dari jumlah tersebut, dirincikan ada sebanyak 3.928 rumah rusak berat, 3.402 rusak sedang dan 1.701 rusak ringan. Semuanya tersebar di 15 kecamatan terdampak gempa. Empat kecamatan diantaranya mengalami dampak paling parah, yakni Kecamatan Alas Barat, Alas, Buer dan Kecamatan Lunyuk.

Dilanjutkan, untuk di Kecamatan Alas Barat total rumah rusak sebanyak 3.539 rumah, Alas 3.342 rumah rusak, Buer 1.325 rumah rusak, Utan 3449 rumah rusak, dan Kecamatan Lunyuk 395 rumah rusak. Khusus di Kecamatan Lunyuk, semua rumah termasuk dalam kategori rusak berat. ‘’Sepekan lalu, 19 Agsutus 2018 kita hadapi dua cobaan. Gempa bumi telan 6 korban jiwa, serta 9.031 rumah rusak dan kebakaran. Ada 15 kecamatan terdampak gempa, terbesar di wilayah barat. Anehnya di Lunyuk juga banyak rumah rusak. Padahal jauh di selatan sana,’’ terangnya.

Rumah warga Sumbawa roboh diguncang gempa

Dalam kesempatan itu, Bupati mengusulkan agar Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial memberikan bantuan berupa satu unit mobil tangki dan satu unit mobil rescue. “Kami usul dua, bisa diberikan satu unit tanki air, dan satu unit mobil rescue dan proposalnya akan kami sampaikan ke Pak Menteri melalui Pak Dierjen. Kami juga belum terima bantuan banjir 11 Februari hingga hari ini, belum datang bantuan yang dijanjikan Pemerintah Pusat,’’ demikian Bupati. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *