DPT Sumbawa 326.182 Pemilih untuk Pemilu 2019

Sumbawa, PSnews – KPU Sumbawa melaksanakan salah satu tahapan yang sangat krusial yaitu rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Akhir dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pelaksanaan Pemilu tahun 2019, pada Senin (20/8/2018). Meskipun gempa susulan masih terjadi di wilayah Sumbawa, namun rapat pleno tersebut tetap terlaksana dengan lancar. 

Dalam rapat pleno tersebut, hadir 20 kecamatan minus kecamatan Lunyuk, Buer, Alas dan Alas Barat. Keempat kecamatan yang disebutkan terakhir menjadi kecamatan terdampak gempa minggu malam lalu, sehingga tidak dapat mengikuti rapat pleno yang digelar KPU Sumbawa. Sebanyak 20 kecamatan di Kabupaten Sumbawa membacakan hasil rekapitulasi DPSHP Akhir yang terdiri dari pemilih baru, pemilih TMS, rubah data dan total DPSHP Akhir.

Berdasarkan data DPSHP akhir KPU Sumbawa menetapkan DPT sejumlah 326.182 pemilih, terdiri laki-laki 162.868 pemilih adn perempuan 163.182 pemilih, dengan jumlah 1.420 TPS. Kegiatan ini pun dihadiri seluruh komisioner KPU Sumbawa, partai politik peserta pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Sumbawa, PPK se Kabupaten Sumbawa, Dinas Dukcapil, dan Kesbangpoldagri.

Khusus untuk kecamatan Lunyuk, Buer, Alas dan Alas Barat rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan Akhir dibacakan oleh operator KPU Sumbawa. Karena petugas kecamatan setempat ikut terdampak bencana gempa. Dalam kaitan dengan bencana  gempa  Syukri Rahmat dalam kesempatan rapat pleno tersebut mengajak seluruh peserta rapat untuk berdoa dan memperbanyak zikit agar musibah gempa segera berakhir. Tidak lupa pula mengingatkan PPK terus menjaga netralitas sebagai penyelenggara pemilu. ‘’Kami tetap melaksanakan rapat pleno tanggal 20 Agustus, walaupun tadi malam Sumbawa diterjang gempa. Ini bentuk profesionalitas kami sebagai penyelenggara pemilu,’’ kata Ketua KPU Sumbawa – Syukri Rahmat. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *