Kerusakan Akibat Gempa di Sumbawa Dalam Pendataan

Sumbawa, PSnews – Tidak hanya di Pulau Lombok dan Bali, ternyata di Pulau Sumbawa khususnya Kabupaten Sumbawa pun merasakan dampak dari gempa berkekuatan 7,0 SR yang terjadi pada Minggu (5/8) malam lalu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa saat ini sedang mendata kerusakan yang diakibatkan gempa dimaksud.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa – Zainal Abidin kepada media ini Senin (6/8/2018) mengungkapkan, sejauh ini pihaknya telah menerima laporan dari beberapa kecamatan di Kabupaten Sumbawa, terkait dampak dari gempa yang berpusat di Pulau Lombok tersebut. Diketahui ada beberapa rumah warga di sejumlah kecamatan yang mengalami kerusakan.

Kepala BPBD Sumbawa ~ Zainal Abidin tinjau lapangan pasca gempa Lombok 7,0 SR

Adapun data yang dicatat BPBD atas kerusakan rumah warga yakni di Kecamatan Alas Barat terdapat satu unit rumah warga yang tembok depan bagian atasnya rubuh. Begitu pula di Kecamatan Labuhan Badas yang juga mengalami hal serupa. Kemudian di Desa Pukat Kecamatan Utan ada rumah warga yang atapnya terbang. Termasuk rumah warga di Kecamatan Buer yang mengalami kerusakan. ‘’Rata-rata kami menerima laporan itu dari wilayah barat. Untuk wilayah timur sampai sekarang belum ada laporan dari camat,’’ tuturnya.

Pihaknya mengaku bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Bahkan hingga kini, pihaknya masih menurunkan tim di lapangan untuk melakukan pendataan. ‘’Saya sudah turunkan tim untuk mengambil gambar, mana daerah-daearh yang terdampak kita suruh koordinasi dengan masing-masing camat,’’ tukasnya.

Setelah dilakukan pendataan, lanjut Abidin, Pemda kemudian akan memberikan bantuan. ‘’Nanti data itu akan kita laporkan ke Pak Bupati. Tindaklanjut mungkin untuk rumah rusak di serahkan ke OPD teknis yang menagnani. Kita hanya mengumpulkan data dan gambar terkait kondisi dampak dari gempa kemarin,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *