Kembangkan Bawang Putih, Distan Identifikasi CPCL

Sumbawa, PSnews – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa dalam tahun ini berencana mengembangkan tanaman bawang putih diwilayah Kecamatan Batulanteh. Saat ini Distan sedang mengidentifikasi calon petani calon loaksi (CPCL), untuk kelancaran pelaksanaan rencana dimaksud.

Hal itu diungkapkan Kepala Distan Sumbawa – Tarunawan kepada media ini. Pengembangan bawang putih ini dilakukan karena sejauh ini Kabupaten Sumbawa memasok dari luar daerah. Sehingga untuk bisa menghasilkan sendiri, dalam tahun ini diprogramkan penanaman bibit bawang putih di Kecamatan Batulanteh. ‘’Tahun ini akan kita kembangkan di wilayah Batulanteh itu bawang putih. Kita selama ini tidak ada mengembangkan bawang putih, itu semua dibawa dari luar,’’ ungkapnya.

Untuk tahap awal, rencananya disiapkan lahan sekitar 100 hektar. Pihaknya pun sedang mengidentifikasi calon petani dan calon lokasi, yang diperkirakan berlangsung sekitar dua minggu. ‘’Ketika ada program, kemudian kita identifikasi lahannya. Cocok atau tidak, baru kita cari orangnya. Itu yang sedang kita lakukan. Kalau organgnya sudah ada, lahannya suah ada, tinggal kita realisasikan program ini, yang dibantun oleh pusat,’’ terangnya.

Menurutnya, untuk bibitnya sendiri akan diadakan melalui proses pengadaan di Bagian LPBJP Setda Sumbawa. Setelah ditentukan pemenangnya, baru kemudian disalurkan ke kelompok yang sudah diidentifikasi. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *