Pemda Berencana Relokasi Puskesmas Batulanteh

Sumbawa, PSnews – Sudah cukup lama disuarakan, Pemkab Sumbawa akhirnya merencanakan untuk merelokasi UPT Puskesmas Batulanteh Kecamatan Batulanteh. Hal itu dilakukan karena lokasi puskesmas yang ada saat ini dinilai sudah tidak layak. Sehingga Dikes Sumbawa sekarang sedang membangun koordinasi dengan Camat setempat, untuk mencari lahan yang tepat sebagai lokasi pembangunan nantinya. 

Rencana relokasi ini pun dibenarkan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa – Junaidi. Rencana relokasi ini muncul karena keinginan masyarakat, yang disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan. Karena selama ini, akses masyarakat untuk masuk ke puskesmas cukup sulit. Harus menapaki tangga terlebih dahulu, lantaran lokasinya berada di lereng bukit. Selain itu ada pula permintaan dari pihak puskesmas, dan juga Camat serta Sekcam saat itu. ‘’Lokasi sekarangkan berada di lereng bukit dan agak tinggi. Itu tidak ramah untuk lansia, ibu hamil dan anak-anak,’’ terangnya kepada wartawan Senin (16/10/2017).

Dalam rencana ini, lanjut Junaidi, pihaknya sudah berkoordinasi dan komunikasi dengan Bappeda Sumbawa. Pada prinsipnya Bappeda mendukung rencana relokasi ke lahan yang lebih luas dan rata. Saat ini, pihaknya sedang berupaya bersama pihak kecamatan untuk mencari lokasi pembangunan yang layak. ‘’Saya sudah komunikasikan dengan Camat kira-kira dimana lokasi pembangunan yang pas, sambil mencari informasi tentang persediaan tanah,’’ tuturnya.

Selain untuk memberikan pelayanan ke masyarakat, rencana relokasi Puskesmas Batulanteh ini juga untuk kepentingan akreditasi. Sehingga pihaknya akan mengusahakan pembangunan nantinya bisa dilakukan di tahun 2018. Karena penilaian terakhir akreditasi puskesmas seluruh Indonesia dilakukan pada tahun 2019. Dimana diharapkan tahun 2019-2020, semua puskesmas di Indonesia sudah terakreditasi. ‘’Kalau lahannya sempit seperti sekarang ini, tidak memungkinkan untuk perluasan. Ruangannya harus ditambah sesuai standar kebutuhan pelayanan kesehatan yang tertera dalam Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas,’’ terangnya.

Sementara, Camat Batulanteh – Zubaidi menambahkan, pihaknya sedang berusaha mencari lahan yang langsung bisa dimanfaatkan, tanpa harus melalui tanah orang lain. Tanah yang diperlukan sekitar 1 hektar lebih. ‘’Memang kalau kita lihat Puskesmas yang ada sekarang sudah tidak layak. Makanya kalau sudah ada tanahnya sebaiknya direlokasi, supaya pelayanan lebih baik. Targetnya kalau sudah ada tanahnya bulan Januari tahun depan sudah bisa dibayar dan diusulkan pembangunannya,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.