Belasan Dokter Internship Magang di Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 18 dokter muda dari berbagai universitas di Indonesia, menjalani program magang di Kabupaten Sumbawa. Kedatangan dokter internship tersebut diterima langsung Bupati Sumbawa di aula lantai I kantor Bupati pada Selasa (19/9). Mereka nantinya akan ditempatkan di RSMA dan Puskesmas Moyo Hilir, sesuai penempatan yang ditunjuk pihak Kementerian Kesehatan.

Ketua Tim Program Internship Dokter Indonesia wilayah NTB – dr Agus Pracoyo menyatakan, salut komitmen Pemkab Sumbawa terhadap program dokter internship tersebut. Sebab program ini merupakan kegiatan yang digulirkan dalam meningkatkan kompetensi dokter Indonesia, dalam hal pemantapan dan pemandirian. Sehingga dokter Indonesia tidak kalah dengan  dokter yang ada di luar negeri. ‘’Komitmen Kabupaten Sumbawa salah satunya adanya tambahan biaya bantuan hidup. Itu bentuk keseriusan dari Kabupaten Sumbawa. Mudahan apa yang diberikan bisa menjadi pemicu dan daya dorong dalam meningkatkan keterampilan dalam menjalankan kegiatan profesi,’’ tuturnya.

Ia yang juga Ketua IDI NTB mengatakan, evaluasi yang dilakukan terhadap alumni dokter internship yang ada di Kabupaten Sumbawa, hasil sangat memuaskan dan membanggakan bagi IDI. Sehingga mendapat respon yang baik pula ditingkat nasional. ‘’Selama saya jadi Ketua, tidak ada komplain dari peserta. Itu bukti adik-adik serius menjalankan program ini. Mudahan kedepannya bisa menimbulkan daya tarik. Artinya tertarik dengan Kabupaten Sumbawa, dan bisa kembali dan mau bertugas di Sumbawa,’’ ujarnya.

Sementara Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril dalam sambutan penerimaannya mengatakan, penerimaan dokter internship yang dilakukan ini merupakan yang ketiga kalinya selama Ia menjabat sebagai Kepala Daerah. Bupati berharap, keberadaan 18 dokter muda tersebut bukan karena adanya insentif yang disediakan daerah, tapi betul-betul untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Apalagi Sumbawa sangat membutuhkan keberadaan tenaga dokter. ‘’Yang sangat penting bagi kami, Sumbawa sangat membutuhkan dokter. Berapapun yang dikirim kemari, kami siap menerima,’’ tutur Haji Husni.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengungkapkan secara umum kondisi Kabupaten Sumbawa. Termasuk beberapa potensi alam yang dimiliki. Dengan harapan, para dokter muda dari berbagai universita tersebut betah berada di Sumbawa, bila perlu bisa mengabdikan diri di pusat pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Sumbawa. ‘’Jangan hanya sementara saja, kalau bisa seumur-umur mau disini. Memang Sumbawa ini kecil, tapi Sumbawa ini indah,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *