Perekaman KTP-el Ditargetkan Tuntas Tahun ini

Sumbawa, Psnews – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa mentargetkan dalam tahun 2017, seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa wajib memikili KTP-El. Untuk tercapainya hal tersebut, pihak setempat telah membentuk Tim Sapu Bersih Sistem Administrasi Penduduk (Saber Adminduk).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumbawa – H Zulqifli kepada wartawan mengatakan, jumlah penduduk Kabupaten Sumbawa pada semester I tahun 2017 tercatat sebanyak 509.234 jiwa, dengan jumlah wajib KTP sebanyak 369.560. Dari jumlah itu, yang sudah melakukan perekaman sebanyak 302.798 atau 81 persen lebih. Artinya, ada sebanyak 66.762 jiwa masyarakat Kabupaten Sumbawa yang belum melakukan perekaman, sehingga dipastikan belum memiliki KTP. ‘’Saat ini sudah 81 persen masyarakat Sumbawa yang melakukan perekaman. Sementara sisanya yang 18,1 persen belum melakukan perekaman,’’ terangnya.

Menurutnya, belum dilakukannya perekaman oleh masyarakat bisa saja terjadi karena terdapat data yang ganda, data anomali, data orang meninggal dan pindah – datang serta ada juga yang belum melakukan perekaman. Untuk itu, pihaknya bersurat kepada seluruh Desa yang ada, memberitahukan kalau Tim Saber Adminduk segera turun lapangan, agar seluruh masyarakat yang wajib KTP bisa melakukan perekaman. ‘’Saber Adminduk ini nanti akan melakukan penyisiran disetiap desa. Karena sebelumnya perekaman hanya dilakukan di kecamatan saja. Tapi kali ini, kami akan jemput bola ke desa-desa untuk melakukan perekaman,’’ ujarnya.

Selain menuntaskan pembuatan KTP-El, pihaknya juga akan melakukan pembuatan akta kelahiran dari 0 hingga 18 tahun. Kedua hal itu merupakan program nasional yang harus dilakukan. “Sekarang kita akan berkeliling kesetiap desa-desa. Dalam sehari bisa kita datangi 2 desa untuk melakukan perekaman. Dari 165 desa dan kelurahan, kita hanya membutuhkan 80 hari untuk menuntaskan perekaman e-ktp dan itu sudah kita mulai,” pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *