Wabup : Penting Keterbukaan Informasi Melalui Teknologi

Sumbawa, PSnews – Dalam upaya mendorong terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang transparan berbasis elektronik, Pemakb Sumbawa melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik menggelar Sosialisasi Pengelolaan Nama Domain dan Sub Domain dalam Mendukung Penerapan e-Pemerintahan di Kabupaten Sumbawa.

Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah yang membuka kegiatan tersebut di aula H. Madialoe ADT lantai 3 kantor Bupati Sumbawa, Selasa (8/8/2017) menyatakan, saat ini penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik sudah menjadi keharusan yang suka atau tidak suka harus dilaksanakan sebagaimana telah ditetapkan dalam roadmap e-government 2016-2019. Maka pemerintah harus terus mendukung penuh terwujudnya pemerintahan yang berbasis e-government, baik dari sisi perangkat lunak maupun sumber daya manusianya. ‘’Kegiatan ini penting, karena tuntutan masyatakat untuk keterbukaan informasi. Karena kemajuan teknologi hampir tidak terkendali. Kalo kita perlambat, tentu kita tidak bisa ikuti kemajuan,’’ ujar Wabup.

Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman aparatur pemerintahan baik secara perseorangan maupun institusi dalam pemgelolaan domain dan sub domain pada masing – masing OPD. Dalam konteks ini, pemerintah daerah dapat menentukan struktur penamaan domain instansinya dan unit kerja yang ada di bawah struktur induk atau instansi, sesuai dengan peraturan kepala derah. Instansi hanya boleh menggunakan satu nama domain untuk tingkat instansi, sedangkan unit kerja pada instansi harus menjadi subdomain dari nama domain instansi. ‘’Pergerakan teknologi sangat cepat. Tiap OPD tidak boleh ketinggalan dengan teknologi. Kegiatan ini harus terkoordinasi. Karena di masing-masing OPD juga sudah memiliki aplikasi. BPKAD, Inspektorat, BKPP yang terkoneksi dengan BKN, serta OPD lainnya. Sehingga ini harus terintegrasi dengan baik,’’ tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Diskominfotik Sumbawa – H. Ibrahim mengatakan, sosialisasi ini digelar mengingat tuntutan masyarakat akan pemnerintahan yang baik sudah sangat mendesak, terutama tentang pelayanan publik. Sosialisasi digelar dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman aparatur dalam memanfaatkan domain dan sub domain. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *