PKK Sumbawa Siap Wujudkan Visi Misi Gerakan PKK

Sumbawa, PSnews – Memperingati HKG PKK KE 45 Tahun 2017, TP PKK Kabupaten Sumbawa menggelar resepsi peringatan HKG PKK dan Rakor TP PKK Tingkat Kabupaten Sumbawa di Wisma Daerah Kabupaten Sumbawa, Rabu (26/4/2017). Kedepan, PKK Sumbawa siap mewujudkan visi misi gerakan PKK.

Dalam laporannya, Ketua Panitia penyelenggara – Zulzilawati Syamsul Fikri menyatakan, kegiatan yang telah dilaksanakan Sekretariat PKK yaitu pembinaan tertib administrasi PKK, lomba tertib administrasi PKK tingkat Kab. Sumbawa, pembinaan kelompok-kelompok PKK dari tingkat dusun hingga tingkat dasa wisma. Pokja I telah melaksanakan penyuluhan KDRT, pola asuh anak, narkoba dan pendewasaan usia perkawinan, Pembinaan kelompok PKBN, pola asuh anak simulasi PPO (trafiicking) dan kelompok-kelompok majelis taklim, melaksanakan pengajian akbar PKK, melaksanakan program gotong royong lainnya, melaksanakan lomba PKDRT Tingkat Kabupaten. Pokja II telah melaksanakan kegiatan pembinaan antara lain kelompok BKB, kelompok Paud dan kelompok UP2K-PKK, pelatihan, keterampilan yang mendukung UP2K-PKK di desa  yang akan mengikuti lomba-lomba tingkat provinsi, mengikuti   pameran    hasil-hasil   kelompok-kelompok UP2K-PKK dalam rangka    Festival    Moyo   dan   moment- moment lainnya baik  di  tingkat  kabupaten  maupun  provinsi, dan melaksanakan lomba kelompok-kelompok UP2K-PKK tingkat kabupaten. Pokja III telah melaksanakan prmbinaan dan penyuluhan antara lain bidang  pangan  –  mewujudkan   ketahanan    dan   penganeka ragaman pangan  masyarakat  dan  hatinya   PKK   termasuk sosialisasi    B2SA   dan gemarikan, lomba hatinya PKK, bidang sandang melaksanakan pembinaan industri pengrajin tenun tradisional, bidang perumahan dan tata laksana rumah tangga, yaitu melaksanakan  penyuluhan rumah sehat dan layak huni, dan lomba rumah sehat. Pokja IV melaksanakan kegiatan-kegiatan antara lain sosialisasi kelas ibu gizi, penyuluhan 1000 hari pertama kehidupan, pembinaan usaha sekolah sehat, pembinaan desa lomba PHBS, pembinaan Posyandu, dan lain sebagainya.

Wakil Ketua PKK Kabupaten Sumbawa – Sofia Novryanti Rayes Mahmud Abdullah membacakan sambutan Ketua TP PKK Pusat dr. Erni Guntarti Cahyo Kumolo diantaranya menyampaikan, hingga saat ini Gerakan PKK telah berkiprah di bumi Pertiwi selama 45 tahun. Tema peringatan kali ini “Dengan HKG ke-45 Tahun 2017 Kita Lakukan Akselerasi Program-program PKK Untuk Wujudkan Visi dan Misi Gerak PKK”. Hal ini mengandung makna, melalui momentum Peringatan HKG PKK ini diharapkan segenap jajaran TP PKK secara berjenjang mampu menyusun rencana aksi dalam rangka akselerasi atau percepatan program-program PKK. ‘’Sudah saatnya kita juga perlu mengimbangi prinsip kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan program-programnya, yakni kerja, kerja dan kerja meskipun kita perlu menyesuaikan dalam skala Gerakan PKK,’’ katanya.

Sementara Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah mengatakan, walaupun sasaran PKK adalah keluarga, khususnya ibu rumah tangga, namun kaum perempuan sebagai sosok sentral dalam keluarga, tidak hanya mengurus soal kehidupan rumah tangga dan mengasuh anak saja. Bahkan juga banyak diantaranya membantu suami bekerja, serta berusaha menambah pendapatan keluarga dengan berjualan. Begitu besarnya peran dari Tim Penggerak PKK dalam mensukseskan pelaksanaan 10 program pokok PKK, walaupun anggota Tim Penggerak PKK merupakan para relawan, yang tidak menerima gaji, baik perempuan maupun laki-laki, yang menyediakan sebagian dari waktunya untuk PKK. ‘’Saya optimis dengan didasari oleh semangat dan keinginan untuk berbuat lebih baik dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan keluarga, segenap Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa akan mampu mengemban tugas yang mulia ini. Selamat berkarya, mudah-mudahan Allah SWT selalu memberikan karunia dan hidayah-nya kepada kita sekalian,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *